Dongkrak Kualitas Pangan, Kementan Butuh Anggaran 10 Triliun

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo //Foto: Setjen DPR RI

Jakarta, PONTAS.ID – Target Tahun 2021 Kementrian Pertanian (Kementan) masih berfokus pada pemulihan dan pembangunan sektor pertanian yang lebih maju, mandiri dan modern.

Hal ini disampaikan, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat mengikuti rapat bersama Komisi IV DPR RI, di Gedung Parlemen, Senayan, Senin (22/6/2020)

“Ada juga program nilai tambah dan daya saing industri, program riset dan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta pendidikan dan pelatihan vokasi,” kata Mentan melalui keterangan tertulisnya, siang tadi.

Program ini kata Mentan dituangkan dalam Surat Nomor: S-376/MK.02/2020 dan Nomor: B.310/M.PPN/D.8/PP.04.02/05/2020 terkait program dukungan manajemen ketersediaan akses dan konsumsi pangan berkualitas yang masuk dalam program spesifik.

Dalam pelaksanaannya, alokasi terbesar akan diarahkan pada program ketersediaan akses dan konsumsi pangan yang berkualitas sebesar Rp.10,53 triliun.

Selain itu kementan juga mengusulkan penambahan anggaran pada tahun 2021 sebesar Rp.10 triliun yang bertujuan merealisasikan pemulihan ekonomi yang akan banyak bertumpu pada sektor pertanian

Selain itu, Kementan kata Syahrul juga menargetkan untuk memenuhi sasaran produksi beberapa komoditas strategis seperti padi sebanyak 63,5 juta ton, jagung sebesar 26 juta ton, kedelai 0,48 juta ton dan daging sapi atau kerbau sebanyak 0,463 juta ton.

“Harapannya mendapat dukungan dari pimpinan dan para anggota komisi IV DPR RI, supaya Kementan dapat menjalankan program-program dengan maksimal dan tanpa kendala,” ujarnya.

Sebagai informasi, rapat dengan melakukan tatap muka perdana antara Kementan dengan Komisi IV DPR RI ini digelar setelah hampir tiga bulan menggelar rapat virtual akibat pandemi Covid-19.

Penulis: Yos Casa Nova F
Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleIni Aturan Bagi Pemegang Izin Usaha Tambang di UU Minerba Baru
Next articleTumpukan Sampah dekat Sekolah, Bupati Sergai Marah Besar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here