PLN: Subsistem Gardu Induk Ungaran Sudah Kembali Normal

Jakarta, PONTAS.ID –   PT PLN (Persero) telah menormalkan seluruh gardu induk yang terdampak akibat adanya gangguan subsistem Gardu Induk Ungaran.

Sebelumnya, gangguan sub sistem ini menyebabkan 16 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami pemadaman listrik.

Pasokan listrik di Jawa Tengah dan Yogyakarta itu normal lagi pukul 06.00 WIB.

“Alhamdulillah pada hari Minggu, 31 Mei 2020 pukul 06.00 WIB pasokan listrik di Jawa Tengah dan DIY sudah pulih 100% dan masyarakat dapat menggunakan listrik kembali,” kata General Manager PLN UID Jateng & DIY, Feby Joko Priharto, dalam keterangannya, Minggu (31/5/2020).

Gangguan sub sistem Gardu Induk Ungaran terjadi pada pukul 23.59 WIB. Akibat gangguan tersebut, beberapa sistem jaringan transmisi di wilayah Jawa Tengah dan DIY sempat mengalami gangguan dan terjadi pemadaman.

 Antara lain meliputi, Kabupaten Batang, Kendal, Banyumas, Kebumen, Cilacap, Temanggung, Pemalang, Brebes, Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, Magelang dan Kabupaten Semarang. Selain itu juga wilayah Kota Semarang dan Kota Pekalongan.

Dan, sejak Pkl 01.00 WIB dini hari, PLN secara bertahap melakukan penormalan kembali sejumlah gardu induk yang mengalami pemadaman.

Lebih lanjut, Feby juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang mengalami padam aliran listrik akibat gangguan tersebut.

“Upaya penormalan langsung dilakukan oleh PLN, dengan melakukan manuver memberikan pembebanan pada GI yang terganggu secara bertahap, dan saat ini semua gardu induk telah beroperasi normal,” tandasnya.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

Previous articleHNW Kutuk Keras Teror Terhadap Wartawan, Narsum dan Panitia Diskusi UGM
Next articleTertabrak, Rahidin Meninggal di Rumah Sakit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here