Kementerian ESDM Gandeng IEA Perkuat Energi Terbarukan

Jakarta, PONTAS.ID –  Meskipun di tengah pandemi Covid-19, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus perkuat penyediaan listrik dari energi terbarukan.

Upaya ini dilakukan dengan kolaborasi bersama International Energy Agency (IEA), badan yang melaksanakan program energi internasional.

“Pendalaman ini sebagai rangkaian kolaborasi kedua belah pihak dalam kajian mengenai Renewable Energy Investment And Integration In The Power Sector” ungkap Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Investasi Triharyo Indrawan Soesilo, di Jakarta, Senin (11/5/2020).

Triharyo Indrawan Soesilo yang lebih dikenal Hengki menjelaskan bahwa kolaborasi ini merupakan penguatan kerja sama kedua belah pihak yang tertuang dalam JWP antara IEA dan KESDM periode 2020-2021 yang berfokus pada Bidang Energy Transitional Programme yang memiliki cakupan pada Data Energi dan Statistik, Kebijakan Darurat Energi dan Keamanan Energi, Sektor Tenaga Listrik dan Energi Terbarukan, Bioenergi, Efisiensi Energi, Energi dan Teknologi Bersih termasuk Tinjauan Kebijakan dan Peningkatan Kapasitas.

Selanjutnya, IEA akan mengembangkan analisis praktik-praktik terbaik dan pendekatan ahli untuk meningkatkan listrik terbarukan di sektor listrik, dalam rangka membantu Indonesia bergerak menuju pencapaian 23% di bidang energi terbarukan dalam bauran energi nasional pada tahun 2025 dengan cara yang aman dan terjangkau.

“Kolaborasi ini bentuk tindaklanjut diskusi Menteri ESDM, Arifin Tasrif, dengan Direktur IEA Fatih Birol, khususnya merupakan tindak lanjut dari pembicaraan pada acara Ministerial Roundtable International Energy Agency (IEA) on Economic Recovery Packages with a Focus on Energy Efficiency and Renewable Energy tanggal 24 april 2020 ” tutup Hengki.

Penulis: Riana

Editor: Stevanny

Previous articleAncaman Krisis Pangan, Menko Luhut: Tetap Waspada
Next articleDituduh Curang karena Naikkan Tarif Listrik, Ini Bantahan Bos PLN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here