PLN Dukung Stimulus Tarif Listrik Jokowi

Ilustrasi Pembangkit Tenaga Listrik

Jakarta, PONTAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk menggratiskan tarif listrik untuk pelanggan 450 VA (Volt Ampere) selama April, Mei, dan Juni 2020.

Adaspun, langkah ini sebagai stimulus untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat, di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19).

“Tarif listrik untuk pelanggan listrik 450 VA yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan akan digratiskan selama tiga bulan ke depan,” kara Presiden Jokowi dalam konferensi pers melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/3/2020).

Selain itu Kepala Negara juga memutuskan memangkas tarif listrik sebesar 50 persen untuk pelanggan 900 VA.

“Sedangkan untuk pelanggan 900 VA yang jumlahnya sekitar tujuh juta pelanggan akan didiskon 50 persen artinya bayar separuh saja untuk April, Mei, dan Juni,” ujar Presiden Jokowi.

Terkait hal itu, Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, mengatakan  kebijakan pembebasan tagihan untuk pelanggan 450VA dan keringanan tarif listrik 50 persen tersebut sudah dibicarakan dan dikoordinasikan dengan PLN.

“Kami sangat mendukung dan siap melaksanakan kebijakan Pemerintah yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo,” katanya, dalam keterangan resmi, Selasa (31/3/2020).

Terpisah, Vice Presidend Public Relation PLN (Persero), Dwi Suryo Abdullah, mengatakan, soal mekanismenya, biasanya ada ketentuan yang mengaturnya dari Kementerian terkait, yaitu Kementrian ESDM.

“Semoga penangguhan dan diskon ini juga dapat mendukung masyarakat untuk tetap dapat beraktifitas di rumah masing-masing, sehingga penyebaran virus corona dapat dihambat berkurang signifikan,” papar Dwi.

Penulis: Riana

Ediitor: Stevanny

Previous articlePLN Siap Bebaskan Tagihan Listrik Selama Tiga Bulan
Next articleDPR Apresiasi Jokowi Umumkan Insentif Listrik Gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here