Soal Rencana Pemulangan Anak-anak WNI Eks ISIS, Ini Kata Ketua MPR

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet)

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, angkat suara terkait rencana pemerintah yang masih mempertimbangkan rencana pemulangan anak-anak eks WNI yang usianya di bawah 10 tahun yang kini tengah menjadi sorotan.

Pria yang karib disapa Bamsoet ini pun mengingatkan, pemerintah harus benar-benar mempertimbangkan dan mengkaji secara matang sebelum mengambil keputusan dalam memulangkan anak-anak eks WNI tersebut.

“Apabila memutuskan untuk memulangkan anak-anak eks WNI tersebut maka diperlukan strategi serta persiapan secara matang,” kata Bamsoet, di Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Politisi Golkar ini pun menyatakan, pihak-pihak yang akan bertanggung jawab dalam pemulangan tersebut harus bisa memastikan. Baik kebutuhan yang diperlukan untuk deradikalisasi bagi anak-anak eks WNI, dan melakukan upaya-upaya sesuai prosedur peraturan yang berlaku untuk memulangkan para anak-anak tersebut, guna mencegah masuknya paham radikalisme atau terorisme di Indonesia.

“Saya minta Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk melakukan pengawasan dan rehabilitasi terhadap anak-anak eks WNI yang akan dipulangkan, agar diberikan sosialisasi terhadap bahaya terpapar pengaruh radikalisme dan terorisme, serta menanamkan kembali nilai-nilai Pancasila dan sikap cinta tanah air,” pungkasnya.

Penulis: Luki H

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here