Mulai Hari Ini, KRL Bogor-Bekasi Hanya Sampai Manggarai

KRL Commuter Line

Jakarta, PONTAS.ID – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai melakukan rekayasa perjalanan KRL Bogor dan Bekasi terkait penggantian wesel atau persimpangan rel di Stasiun Gambir dan Jakarta Kota hari ini.

Rekayasa itu adalah KRL dari arah Bogor/Depok dan Bekasi/Cikarang hanya akan melayani penumpang sampai Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Setelah di Manggarai, rangkaian KRL termaksud akan kembali ke stasiun awal.

Rekayasa perjalanan KRL itu sendiri dijadwalkan berlangsung 11 hari, kurun waktu 13-23 Februari 2020.

“PT KCI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul karena rekayasa pola operasi ini. Namun rekayasa pola operasi perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan dan mengantisipasi kepadatan antrean KRL di lintas Stasiun Cikini – Stasiun Jakarta Kota selama pekerjaan berlangsung,” ujar VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba dalam keterangannya.

Ia menyatakan dari total 281 perjalanan KRL Bogor/Depok dan Bekasi/Cikarang dengan tujuan Stasiun Jakarta Kota dan sebaliknya, sebanyak 45 terdampak rekayasa operasional tersebut.

Di luar relasi tersebut, PT KCI menyatakan operasional perjalanan KRL di lintas lainnya akan tetap berlangsung normal sebagaimana biasanya.

Sebagai bentuk antisipasi jadwal KRL Bogor Bekasi hanya sampai Manggarai, PT KCI berkoordinasi dengan PT Transjakarta untuk menambah armada di Stasiun Manggarai.

PT Treansjakarta sendiri menyatakan selama masa peningkatan prasarana kereta tersebut pihaknya bakal menambah hingga 20 armada bus.

“Penambahan jumlah armada ini akan diberlakukan pada jam sibuk sehingga headway atau masa tunggu menjangkau frekuensi per 5 menit interval kedatangan,” kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangannya kemarin.

Jam sibuk yang dimaksudkan Nadia adalah pukul 06.00-09.00 WIB dan pukul 17.00-20.00 WIB.

Setidaknya ada 8 rute yang dilayani Halte Manggarai. Rute-rute itu adalah Layanan 4 rute Pulogadung-Tosari, Layanan 4B rute Stasiun Manggarai-Universitas Indonesia, Layanan 4D rute Pulogadung-Patra Kuningan, Layanan 4H rute Pulogadung-Ragunan.

Kemudian Layanan Layanan 6F rute Ragunan-Stasiun Manggarai, Layanan 6M rute Stasiun Manggarai-Blok M, Layanan B23 rute Bekasi Timur-Manggarai, Layanan M4 rute Pulogadung-Dukuh Atas.

“Semua bus tambahan ini merupakan tipe bus single Highdeck berkapasitas 29 orang duduk dan 36 berdiri dan 1 kursi roda guna memudahkan integrasi dengan halte Bus Rapid Transit (BRT) Transjakarta,” kata Nadia soal armada yang diperbantukan selama rekayasa KRL Bogor dan Bekasi cuma sampai Stasiun Manggarai tersebut.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here