Maret, Bahan Bakar B40 Mulai Diuji Coba

Road Test B30

Jakarta, PONTAS.ID – Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) mengatakan, uji coba program mandatori biodiesel 40 persen atau B40 akan dimulai bulan Maret mendatang.

“Saya kira mulai bulan depan, baru tadi saya dapat surat dari badan penelitian migas supaya mengirimkan bahan bakunya untuk diujicobakan. Jadi tentu semua harus diuji coba, road test dulu,” kata Ketua Umum Aprobi, MP Tumanggor, saat ditemui di Kemenko Kemaritiman dan Investasi Jakarta, Senin (10/2/2020).

Tumanggor mengatakan, uji coba B40 akan segera dilakukan sebagaimana arahan Presiden Jokowi yang mengatakan program tersebut harus mulai berjalan pada Januari 2021 mendatang.

”Jadi tentu semua harus diuji coba, road test dulu,” kataya.

Ia memaparkan, nantinya, ujicoba tersebut menggunakan dua model. Pertama, yakni dengan memasok fatty acid methyl ester (FAME) sebagai campuran membuat biodiesel langsung dengan kadar 40 persen.

“Atau CPO-nya diproses melalui destilasi (penyulingan). Kalau destilasi bagaimana, kalau FAME bagaimana, kita lihat hasilnya nanti,” paparnya.

Dan, terkait program B30 yang tahun ini resmi berjalan, Tumanggor mengatakan, hingga kini tidak ada hambatan berarti dalam pelaksanaannya.

“Semua berjalan sesuai rencana,” pungkasnya.

Penulis: Ririe

Editor: Riana

Previous articlePemkab Sergai Tingkatkan Mutu Guru PAUD
Next articleNaik Seribu, Emas Antam Hari Ini Rp 776 Ribu Per Gram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here