DPR Sahkan Lima Pimpinan KPK Terpilih

Pimpinan KPK Terpilih Periode 2019-2013 Memberikan Salam Hormat
Pimpinan KPK Terpilih Periode 2019-2013 Memberikan Salam Hormat

Jakarta, PONTAS.ID – Paripurna DPR RI akhirnya secara resmi mengesahkan lima calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Mereka di antaranya Firli Bahuri, Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango, serta Nurul Ghufron.

Dipimpin Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, kelimanya ditetapkan dalam rapat paripurna masa persidangan VIII DPR Tahun 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Kehadiran lima pimpinan KPK baru mendapat sambutan meriah dari para anggota DPR yang hadir di ruang rapat paripurna. Tepuk tangan dan sorakan dukungan pun riuh menggema.

Kelima pimpinan KPK itu sebelumnya telah dipilih berdasarkan hasil voting 10 fraksi di Komisi III DPR RI dengan mengalahkan lima nama calon pimpinan lainnya.

“Perkenankan saya menanyakan, apakah laporan Ketua Komisi III tentang uji kepatutan pimpinan KPK 2019-2023 dapat disetujui?” Tanya Fahri kepada para anggota dewan yang hadir.

“Setujuuuuu,” timpal para anggota DPR yang hadir.

“Tok,” bunyi ketuk palu yang dilakukan Fahri sebagai tanda resmi.

Setelah itu, kelima calon pimpinan KPK itu dipersilakan oleh Fahri menuju ke atas podium pimpinan untuk bersalaman dan berfoto bersama.

Lima nama calon pimpinan KPK itu bakal disampaikan DPR ke Presiden Jokowi paling lambat tujuh hari kerja terhitung sejak hari pemilihan di Komisi III.

Jokowi lantas bakal mengesahkan nama-nama pimpinan baru KPK itu paling lambat 30 hari kerja sejak penerimaan surat pimpinan DPR.

Lima pimpinan baru KPK itu kemungkinan akan bekerja usai dilantik Jokowi pada 21 Desember mendatang.

Hal itu merujuk pelantikan pimpinan KPK periode 2015-2019 yang saat itu juga dilakukan pada 21 Desember 2015.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here