Dahlan Iskan: Pohon Sengon Bukan Satu-satunya Tersangka,Plt Dirut PLN Lagi Apes

Mantan Menteri BUMN sekaligus Dirut PLN, Dahlan Iskan. (foto: Antara)

Jakarta, PONTAS.ID – Mantan Menteri BUMN sekaligus Dirut PLN, Dahlan Iskan, mengatakan, insiden listrik mati secara massal pada hari Minggu (4/8/2019) dan Senin (5/8/2019) kemarin ada unsul nasib selain karena gangguan pohon sengon.

Dahlan mengatakan bahwa ada dua jalur sutet di Jawa, apabila terjadi gangguan maka otomatis pindah ke jalur yang lain. Akan tetapi, kala itu jalur satunya tengah dalam perbaikan maka membuat pemadaman listrik.

“Jawa itu sebenarnya sudah aman. Biar pun sebagian besar pembangkitnya ada di Jatim. Di Jawa sudah punya dua jalur SUTET. Jalur Utara (yang lewat Ungaran, Semarang itu) dan jalur tengah. Membentang dari ujung timur ke ujung barat Jawa. Kalau pun ada gangguan di jalur utara seperti itu sebenarnya tidak ada masalah. Arus listriknya bisa otomatis pindah ke SUTET jalur tengah,” papar Dahlan seperti dikutip dari laman pribadinya disway.id, Rabu (7/8/2019).

“Pohon sengon itu bukan satu-satunya tersangka. Hari Minggu itu ada perbaikan SUTET jalur tengah. Di timur Tasikmalaya. SUTET-nya dimatikan. Dengan pertimbangan sangat rasional: pada hari Minggu beban listrik di sekitar Jakarta turun drastis. Cukup dilayani jalur utara,” lanjutnya.

Dahlan menyebut, PLN dan Plt Direktur Utama PT PLN, Sripeni Inten Cahyani, tengah apes.

“Memang nasib PLN lagi apes. Terutama Plt Dirutnya. Masih baru. Belum 24 jam,” sebutnya.

Pada hari Minggu kemarin, pohon sengon yang bergerak kemudian mengganggu sutet dan apesnya sutet jalur tengah sedang diperbaiki. Oleh karena itu, hilangnya pasokan listrik membuat bencana itu terjadi.

“Sayang, kok sengon itu begitu jahatnya –bergoyang di hari Minggu itu. SUTET Utara kena sengon. SUTET tengah lagi diperbaiki. Akibat hilangnya pasokan dari dua SUTET tadi beban listrik kacau sekali,” ucapnya.

“Pembangkit-pembangkit listrik di wilayah barat mati satu-persatu. Terjadilah bencana itu,” tukas Dahlan.

Penulis: Riana
Editor: Stevanny

Previous articlePohon Sengon Jadi ‘Terduga’ Blackout, Dahlan Iskan: Apakah Tidak Ada Lagi Anggaran untuk Patroli Pohon?
Next articlePolres Asahan Ringkus Tersangka Penista Agama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here