Jokowi-Ma’ruf Menang, KADIN: Jaga Iklim Investasi

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Makruf Amin

Jakarta, PONTAS.ID – Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin menjadi pemenang dalam pemilihan presiden 2019 sesuai dengan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Rosan Roeslani berharap Presiden dan Wapres terpilih bisa meningkatkan kualitas perekonomian nasional. Salah satu yang paling penting adalah soal iklim investasi.

“Tentunya presiden terpilih ini harus menjaga iklim investasi untuk menjaga pertumbuhan ekonomi, kemudian menjaga pertumbuhan berorientasi ekspor dan menunjukkan reformasi di bidang birokrasi perpajakan,” kata Ketum KADIN Indonesia, Rosan Roeslani di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Dia menambahkan, Presiden dan Wapres terpilih juga harus meningkatkan harmonisasi kebijakan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk menjaga kondisi iklim dunia usaha.

Apalagi, kata Rosan, hasil rekapitulasi KPU ini sesuai dengan harapan pengusaha.

“Tentunya dunia usaha melihat bahwa ekonomi itu harus berkelanjutan agar berkembang. Kan beliau (Jokowi-Ma’ruf) memahami ekonomi yang berkelanjutan,” imbuh dia.

Rosan mengatakan, pertumbuhan ekonomi nasional saat ini memang terpengaruh dengan ekonomi global.

“Perekonomian dunia saat ini juga mengalami pelemahan, tapi kalau dilihat perekonomian nasional kini didorong konsumsi yang dicanangkan bisa mencapai target 5,3%. Yang terpenting daya beli bisa terjaga dan meningkatkan kembali iklim investasi Indonesia,” imbuh dia.

Pengusaha Beri Selamat

Sebelumnya, sejumlah asosiasi pengusaha telah memberikan selamat kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf pasca diumumkan menang dalam rekapitulasi suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut kalangan pengusaha, kemenangan ini sesuai harapan dunia usaha.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani bahkan mengaku telah mengucapkan selamat kepada Jokowi melalui aplikasi pesan instan WhatsApp. Ucapan tak langsung itu karena Hariyadi mengaku masih berada di luar negeri.

“Belum secara langsung. Kalau lewat WA sudah,” ujarnya , Rabu (22/5/2019).

Hal senada juga dikatakan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) Adhi S Lukman menyatakan selamat, sekaligus menyampaikan pengumuman KPU sesuai dengan harapannya.

“Kalau sampaikan selamat secara pribadi itu rahasia,” tuturnya.

Yang pasti, ia berharap kemenangan Jokowi-Ma’ruf bisa melanjutkan pembangunan infrastruktur. Dengan demikian, konektivitas Indonesia bisa terlaksana dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

“Dengan konektivitas ini kan bagi kami pengusaha makanan dan minuman (mamin) bisa membuat beban logistik menjadi lebih murah karena distribusi lebih lancar,” papar Adhi.

Selain itu, ia meminta Jokowi mengerek konsumsi masyarakat agar kinerja industri mamin semakin positif. Apalagi, konsumsi juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi lagi.

“Jadi, mungkin bisa lebih dari sekarang yang masih sekitar 5 persen,” terang dia.

Ia menargetkan penjualan industri mamin tumbuh 9 persen pada tahun ini. Ia optimistis pertumbuhannya pada 2020 mendatang bisa dua digit sejalan dengan berlanjutnya kepemimpinan Jokowi.

“Mungkin tahun pertama periode kedua Jokowi masih satu digit, tahun kedua lah dua digit,” pungkasnya.

Sekedar informasi, KPU mengumumkan jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin 85.607.362 suara. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239.

Hasil pilpres itu ditetapkan dalam keputusan nomor 987. Hasil rekapitulasi KPU secara nasional ini terdiri atas perolehan suara di 34 provinsi dan 130 panitia pemilihan luar negeri (PPLN).KPU menyebut jumlah suara sah nasional 154.257.601. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here