Apindo Apresiasi Enam Parpol Pendukung Jokowi Diprediksi Lolos ke DPR

Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Danang Girindrawardana

Jakarta, PONTAS.ID – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengapresiasi banyaknya perolehan suara yang didapat partai pendukung koalisi Jokowi memberikan dampak positif dan dampak negatif. “Bagus dan ngga bagus,” kata Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Danang Girindrawardana di Jakarta, Minggu (21/4/2019).

Berdasarkan hasil quick count atau hitung cepat lembaga survei, partai koalisi pendukung Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin memperoleh sebagian besar kursi di parlemen.

Menurut Danang, dampak positifnya yakni jalannya pemerintahan stabil dalam membuat kebijakan. “Bagus karena bisa membuat pemerintahan lebih stabil dalam membuat policy investasi,” ucapnya.

Namun, di sisi lain, Danang menilai dominasi itu juga memberi dampak kurang baik dalam menjalankan fungsi kritis terhadap pemerintahan.

“Tidak bagus juga, karena parlemen akan cenderung kehilangan daya kritisnya sehingga fungsi pengawasannya menjadi lemah,” kata dia.

Lebih lanjut Danang menyatakan, dalam fungsi budgeting, jika parlemen mayoritas dari partai pendukung pemerintah, DPR akan cenderung lebih mengalah.

“Mekanisme check and balance akan kehilangan ruh nya dan sebenarnya tata kelola pemerintahan menjadi kurang sehat,” tutur dia.

Enam parpol lolos ambang batas parlemen adalah PDIP 26,9%, Gerindra 17%, Golkar 9,4%, PKB 6,%, Demokrat 4,6%, dan PKS 4,5%.

Dari keenam parpol tersebut, tiga parpol pendukung pasangan Capres/Cawapres Joko Widodo-Maruf Amin dan tiga parpol pendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Risman Septian

Previous articleSelamatkan Lingkungan, Wali Kota Medan Andalkan Pramuka
Next articleIni 3 Pesan Menteri Basuki ke 1.000 CPNS Kementerian PUPR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here