Super Snow Moon akan Hiasi Langit Indonesia Malam Ini

Super Snow Moon

Jakarta, PONTAS.ID – Langit Indonesia akan menjadi saksi dengan munculnya fenomena super snow moon akan terjadi pada Selasa (19/2/2019) malam ini. Berbeda dengan supermoon sebelumnya pada 21 Januari, fenomana kali ini menjadi supermoon terbesar yang terlihat tahun ini.

Hal itu karena Bulan akan berada pada jarak terdekatnya dengan perigee (titik terdekat bulan ke Bumi dalam orbit bulanannya) 356.761 kilometer.

Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan supermoon bisa diamati sepanjang malam di seluruh Indonesia.

Kendati bisa diamati sepanjang malam, Thomas mengatakan waktu terbaik untuk melakukan pengamatan yakni setelah matahari terbenam.

“Supermoon itu seperti bulan purnama, dapat dilihat di seluruh dunia termasuk Indonesia. Ukuran bulan yang terlihat akan lebih besar, tetapi tidak akan nampak kecuali menggunakan teropong terlebih jika membandingkannya dengan foto bulan rata-rata,” kata Thomas di Jakarta, Senin (18/1/2019).

Kendati demikian, Thomas mengatakan fenomena super snow moon tetap bisa dinikmati dengan mata telanjang.

Supermoon berikutnya dipastikan akan kembali menghiasi langit pada 21 Maret mendatang.Bedanya, jarak bulan dengan perigee mencapai 360.000 kilometer

Editor: Luki Herdian

Previous articleJokowi : Data-data Bukan Karangan
Next articleGestur Prabowo Ingin Hapus Image Otoriter, Ini Kata BPN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here