Ledakan Dekat Lokasi Debat, Wiranto: Itu Orang Iseng!

Tim Gegana Mensterilkan Lokasi Ledakan di Parkir Timur Senayan

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan, bahwa ledakan yang terjadi di parkir timur Gelora Bung Karno, pada Minggu (17/2/2019) dekat dengan arena lokasi debat capres hanya dilakukan oleh orang iseng.

“Saya sudah dapat laporan Kapolda dan Pangdam. Itu ledakan dari petasan yang besar, mungkin ada yang usil,” kata Wiranto usai menonton acara debat.

Bekas Ketua Umum Partai Hanura itu pun mengingatkan agar semua pihak tidak berspekulasi dengan menyebut ledakan itu adalah sebuah ancaman.

“Enggak usah mengada-ada, enggak usah mengarang. Sementara penjelasan Kapolda yang langsung di lokasi ledakan, diidentifikasi dari mercon besar. Kita dalami lagi,” tegas Wiranto yang juga bekas Mantan Panglima TNI ini.

Dua Orang Dirawat

Sementara itu, akibat dari insiden ledakan itu.setidaknya ada dua orang korban sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr. Mintohardjo. Dua pasien korban ledakan tersebut mengalami trauma pasca-ledakan.

“Ada dua pasien di sini yang harus dirawat inap karena mengalami trauma pasca-ledakan,” kata Kepala RSAL Dr. Mintohardjo, Kolonel Laut (K) dr Wiweka pada Senin (18/2/2019) dini hari.

Wiweka menjelaskan, kedua pasien yang dimaksud atas nama Karsikin Edy Anwar dan Asma Dahlia. Dari pemeriksaan sementara, pada Karsikin didapati mengalami masalah di telinga akibat getaran dari ledakan tersebut.

Sementara Asma disebut mengalami trauma psikis yang dipicu ledakan itu karena dia memiliki riwayat kencing manis. “Trauma psikis karena akibat ledakan mengalami pusing, muntah dan pingsan, satu akibat getaran suara,” ujar dia.

Wiweka mengungkapkan, kedua pasien tidak menjalani operasi karena tidak ada luka luar, namun mereka tetap menjalani proses observasi 1×24 jam untuk memastikan kondisi secara keseluruhan.

Adapun dokter yang menangani kedua pasien adalah dokter penyakit dalam dan dokter Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT).

Sebelumnya diberitakan, sebuah ledakan terjadi di Parkir Timur GBK, di dekat Hotel Sultan yang merupakan lokasi debat capres putaran kedua, Minggu malam. Parkir Timur GBK sendiri merupakan area yang disediakan KPU RI bagi relawan kedua pasangan capres-cawapres untuk menyaksikan debat bersama-sama.

Editor: Luki Herdian

Previous articleBMKG: Jaktim dan Jaksel akan Diguyur Hujan Siang Ini
Next articleJokowi Dituding Bohong soal Konflik Agraria, TKN Membantah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here