Menpar akan Optimalkan Wisata MICE di Indonesia

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya menyatakan akan mengoptimalkan dan menumbuhkan wisata meetings, incentives, conferencing, exhibitions (MICE) Indonesia yang potensinya sangat besar dan belum tergarap maksimal.

Arief menambahkan bahwa Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan menerapkan konsep Indonesia Incorporated dalam menggarap potensi wisata MICE di Tanah Air. Untuk itu, dia berharap semangat Indonesia Incorporated dapat diimplementasikan untuk merebut pasar MICE.

“Kita sering kalah dalam bidding. Hal itu karena biddingnya sendiri-sendiri dan tidak terorganisasi. Kita dorong INACEB kalau mau maju harus menerapkan Indonesia Incorporated. Kemenpar sendiri mendukung anggaran promosi khusus MICE sebesar 10 miliar rupiah. Kalau sendiri-sendiri relatif akan susah dan anggarannya tentu lebih besar,” kata Arief dalam siaran pers Kemenpar, Selasa (12/2/2019).

Sementara itu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro juga mengatakan potensi wisata MICE Indonesia masih sangat besar.

“Persentase wisatawan mancanegara MICE baru 3 persen dari total jumlah wisman yang datang ke Indonesia. Padahal pangsa pasarnya cukup besar, jadi 5 tahun ke depan harus digarap secara maksimal,” ujar Bambang.

Mantan Menteri Keuangan itu juga menyebut potensi MICE Indonesia sangat besar, mengingat Indonesia memiliki atraksi yang lengkap, baik alam, budaya dan buatan.

“MICE ini perlu kita dorong sebagai ‘Quick Win’, karena spending wisatawan MICE minimal 3 kali lipat dari wisman biasa. Kemudian orang-orang yang datang sebagai wisatawan MICE biasanya adalah ‘influencer’ sehingga bisa jadi promosi gratis bagi pariwisata Indonesia ke depan,” tutur dia.

Bambang juga memproyeksi untuk lima tahun ke depan, MICE sangat potensial menjadi salah satu faktor penghasil nilai tambah terbesar bagi sektor pariwisata Indonesia.

“Karena lima tahun ke depan target kita bukan hanya sekadar jumlah wisatawan. Tapi bagaimana pariwisata itu bisa lebih inklusif sehingga devisa yang dihasilkan lebih besar. Dan yang menikmati devisanya itu adalah masyarakat yang terkait pariwisata,” imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjut Bambang, untuk promosi MICE ke depan, Indonesia harus punya strategi, semisal MICE jenis apa yang ingin didatangkan ke Indonesia.

Paling tidak dalam waktu lima tahun sudah terukur baik dari sisi bidding hingga persiapan yang bisa dilakukan lebih awal.

“Saat ini industiri di MICE terkesan jalan sendiri-sendiri, misal seperti penyelengaraan IMF World Bank. Event MICE internasional itu ada karena ide dari Kemenkeu dan BI. Seharusnya level MICE seperti IMF, sudah harus masuk strategi nasional. Strategi itu yang harusnya kita terapkan di lima tahun ke depan,” katanya.

Dia menambahkan, untuk mendukung MICE, Indonesia memerlukan venue lebih banyak. Oleh karena itu pengembangan 10 Bali Baru yang sudah digagas Kemenpar harus didukung semua pihak.

“Paling tidak sebagian destinasi itu sudah punya fasilitas MICE bertaraf internasional,” tukas Bambang.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here