KPU: Persiapan Debat Pilpres Kedua Sudah 85 Persen

Jakarta,PONTAS.ID – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan persiapan debat pilpres kedua pada 17 Februari 2019 mendatang sudah mencapai 85 persen. KPU dan berbagai pihak sudah mematangkan hal teknis.

“Jadi saya kira sudah 85 persen siap untuk melaksanakan debat kedua ini,” ujar Ilham di Kantor KPU, Jakarta, Senin (11/2/2019).

KPU, kata Ilham, sudah melakukan pengecekan ke lokasi debat di Hotel Sultan, Jakarta. KPU juga sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan dan paspampres untuk memastikan ketertiban acara debat. Selain itu, lanjut Ilham, KPU juga sudah berkoordinasi dengan tim panelis dan moderator. Bahkan mereka sudah menandatangani pakta integritas untuk memastikan bahwa soal-soal debat tidak bocor, termasuk kepada kedua calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

“Pakta integritas sudah ditandatangani panelis dan moderator. Prinsipnya bahwa kita tidak ingin soal-soal yang ditulis ini bocor kepada kedua pasangan calon atau kepada siapa pun. Jadi prinsipnya bahwa nanti ketika ditanyakan itu adalah pertanyaan pertama kali yang tidak diketahui oleh siapa pun,” jelas Ilham.

Terkait pertanyaan debat, Ilham mengatakan masih dalam proses perampungan oleh tim panelis. Ilham juga menegaskan bahwa pertanyaan debat menjadi kewenangan penuh tim panelis. Adapun KPU tidak ikut campur dalam menyusun. “Ya itu pokoknya urusan panelis. Pokoknya nanti terakhir kita akan undang lagi panelis dengan moderator, kemudian pertanyaan-pertanyaan ini diberikan (ke moderator), baru kita tanyakan hari H tanggal 17 Februari mendatang,” kata Ilham.

Ilham mengatakan undangan debat kedua ini juga akan diperbanyak dibandingkan debat pertama. Yang diundang, sebagian berbeda dengan yang diundang pada debat pertama karena disesuaikan dengan tema debat kedua.

“Misalnya kemarin (tema) hukum kita undang orang hukum, besok tanggal 17 Februari soal energi, soal pangan, soal infrastruktur tentu saja kita akan undang orang-orang yang berkaitan dengan isu tersebut,” tutur Ilham.

Format debat kedua ini juga akan berbeda dengan debat pertama meskipun jumlah segmennya sama, yakni enam segmen. Namun segmen keempat pada debat kedua akan menampilkan debat bebas atau debat eksploratif antara Jokowi dan Prabowo. Pada segmen ini, kedua capres akan disuguhkan dengan film pendek sesuai dengan tema debat, kemudian diminta tanggapan dan selanjutnya debat bebas selama 16 menit.

Sebagimana diketahui, debat pilpres kedua ini dijadwalkan digelar di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Ahad, 17 Februari mendatang. Debat kedua merupakan antarcapres, yakni Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Dalam debat kedua, ada sejumlah tema yang akan dibahas, yakni energi dan pangan, SDA dan lingkungan hidup serta infrastruktur.

Debat kedua ini akan dipandu oleh dua orang moderator, yakni Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro. Pertanyaan debat kedua ini disusun oleh tujuh panelis yang telah dipilih oleh KPU.

Edditor: idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here