Amien Rais: Revolusi Mental Pemerintah Tak Jelas

Jakarta, PONTAS.ID – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyebut revolusi mental yang digaungkan oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo selama ini berjalan tidak jelas.

Hal itu disampaikan dalam peluncuran buku terbarunya yang berjudul ‘Hijrah: Selamat Tinggal Revolusi Mental, Selamat Datang Revolusi Moral’.

“Jadi menurut saya revolusi mental Pemerintah Pak Jokowi itu memang tidak jelas,” kata Amien di jalan Daksa, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (11/12019).

Bekas Ketua MPR ini mengatakan, tidak ada dokumen otentik yang bisa menjelaskan secara penuh bagaimana revolusi mental itu. Menurutnya tak ada dokumen otoritatif dari pemerintah.

“Karena memang tidak jelas,” ujar Amien.

Amien menjelaskan, selama pemerintahan Jokowi ini, tidak ada semacam kompas moral atau moral guidance. Sehingga pemerintah menurutnya terkesan membiarkan hal-hal yang tidak baik.

“Kalau orang enggak punya kompas moral, itu berjanji sebanyak mungkin itu gapapa, kemudian bohong pun gapapa, karena enggak punya kompas moral. Kemudian jadi permisif,” ucap dia.

Amien yang juga bekas aktivis reformasi mengaku hal itu yang sangat mengganggunya selama masa pemerintahan Jokowi ini. Di masyarakat pun katanya tumbuh budaya baru yakni budaya tipu-tipu.

“Jadi ini yang menyebabkan di masyarakat bangsa kita ini muncul semacam a new culture. Budaya tipu-tipu, jadi adanya lying culture. Budaya menipu. Budaya menipu ini saudara-saudara, amat sangat berat akibatnya,” tegasnya.

Editor: Luki Herdian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here