WhatsApp: Selamat Tinggal Nokia Jadul…

Jakarta, PONTAS.ID – Aplikasi percakapan melalui smart phone (ponsel cerdas), WhatsApp secara resmi menghentikan dukungannya untuk ponsel fitur kelas menengah Nokia, Series 40 sejak Senin (31/12/2018) waktu setempat.

Penghentian dukungan dilakukan terhadap sistem perangkat lunak (software) serta antarmuka pengguna (user interface). Sejumlah perangkat yang menjalankan platform ini antara lain berasal dari seri Asha Nokia 308, 309 dan 311. Hal ini merujuk GSM Arena yang dilansir pada Kamis (3/1/2019).

Selain itu, WhatsApp juga mengumumkan bahwa ponsel Android yang menjalankan OS v2.3.7 Gingerbread atau lebih tua serta iPhone yang menjalankan iOS 7 atau lebih tua tidak dapat membuat akun baru di perangkat tersebut,

“Dan layanan akan dihentikan seluruhnya pada 1 Februari 2020,” tulis GSM Arena.

Sehingga, saat ini WhatsApp mendukung perangkat Android yang menjalankan OS 4.0+ dan iPhone yang menjalankan iOS 8+.

Sebelumnya, dukungan untuk BlackBerry yang mengusung sistem operasi atau OS (operating system) classic serta perangkat Windows Phone 7 juga telah dihentikan pada 2017 lalu.

Awalnya, WhatsApp akan menghentikan layanannya pada awal 2016, namun batas waktu diundur hingga 31 Desember 2017, yang juga mendorong mundurnya tanggal akhir masa pakai WhatsApp di perangkat Nokia Seri 40.

Penulis: Pahala Simanjuntak
Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here