Meriahkan Hari Santri Nasional, Santri Gelar Sepakbola Api

Jakarta, PONTAS.ID – Memperingati ri Santri Nasional, Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng), menggelar pertandingan sepakbola api.

Kegiatan tersebut bertujuan menghidupkan tradisi sepakbola api di kalangan santri, sekaligus mengenang ara pahlawan yang berasal dari Kaum Muslim kalangan santri.

Pertandingan sepakbola api, digelar di lapangan sepakbola Desa Jagalempeni, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Sabtu (20/10) malam.

Yang menarik, pertandingan sepakbola api itu, juga diikuti para santriwati yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa NU seluruh Kabupaten Brebes.

Bola yang dimainkan menggunakan kelapa tua yang direndam minyak tanah selama beberapa hari, kemudian dibakar api agar tidak membahayakan keselamatan para penonton.

Pihak panitia menempatkan sejumlah pendekar di batas garis lapangan, mereka bertugas untuk menghalau bola api agar tidak keluar dari garis lapangan dan mengenai penonton.

Pertandingan sepakbola api itu, menarik para pengunjung yang memenuhi lapangan sepak bola di Desa Jagalempeni. Mereka terhibur dengan pertandingan yang jarang mereka saksikan.

Seorang pemain dari SMA Islam Bustanul Ulum, Bumiayu, Brebes, Komala Sari, mengaku mempunyai kesan tersendiri bisa mengikuti pertandingan sepak bola api.

“Meskipun baru pertama kali, saya amat terkesan. Komala juga mengaku tidak melakukan persiapan khusu ketika hendak mengikuti pertandingan sepakbola api tersebut.

“Tidak ada persiapan secara khusus lebih spontan saja,” ucap Komala.

Pembina Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa NU Kabupaten Brebes, Mohammad Irham, menyebut, petandingan sepakbola api tersebut merupakan semi final dan final dari yang sebelumnya yang merupakan babak Penyisian.

“Babak babak penyisiannya sudah dilakukan sebelumnya di sejumlah tempat baik di Kabupaten Brebes bagian selatan maupun di wilayah Kabupaten Brebes tengah,” tutur Irham.

Irham menyampaikan tujuan pertandingan sepak bola api untuk melestarikan tradisi sepakbola api yang merupakan bagian dari budaya pondok pesantren tempo dulu bahkan sebelum masa Indonesia merdeka.

“Juga untuk mengenang para pahlawan yang berasal dari umat islam kalangan santri. Kan ada beberapa pahlawan nasional yang juga dari kalangan Umat Islam atau kalangan santri,” jelasnya.

Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here