Prabowo Perintahkan Petinggi dan Sayap Partai Bantu Korban Gempa di Sulteng

Korban Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Calon Presiden Prabowo Subianto menyatakan akan menghentikan sementara kegiatan kampanya di Sulawesi Tengah dan beberapa daerah lainnya.

Ia memerintahkan para petinggi partainya untuk menggalang dana bantuan bagi korban gempa bumi serta tsunami yang melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018).

“Kami memutuskan, mengumpulkan petinggi partai dan sayap partai, kami ingin menghimpun dana bantuan untuk dikerahkan di situ (Sulawesi Tengah),” ujar Prabowo.

Selain itu, kata Prabowo, pihaknya akan menginventarisasi relawan yang berasal dari sayap organisasi partai untuk membantu proses evakuasi di kawasan yang terdampak gempa.

Ia juga menyatakan kesiapannya mengirim tim dokter, tenaga medis, dan relawan jika diminta untuk membantu aparat pemerintah di Sulawesi Tengah.
“Kami tak ingin mengganggu pelaksanaan (pengiriman) bantuan. Kami paham ini harus di bawah satu komando, satu koordinasi. Saya dan Pak Sandiaga Uno siap dipanggil oleh pemerintah seandainya pemerintah ingin menggunakan beberapa resources yang ada pada kami,” kata Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Sejak gempa berkekuatan magnitudo 7,4 SR mengguncang dan tsunami melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Jumat (28/9/2018) pukul 17.02, korban jiwa dan kerusakan terus bertambah.

Hingga pukul 13.00 WIB, Senin (1/10/2018), tercatat 844 orang meninggal dunia, 90 orang hilang, serta 632 luka berat dan dirawat di rumah sakit.
Selain itu, ada 48.025 jiwa mengungsi di 103 titik di Kota Palu. Sementara jumlah pengungsi di Kabupaten Donggala, datanya belum dapat disampaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here