Golkar Menolak Kampanye di Setop karena Gempa Sulteng

Situasi jalan di Palu dan Donggala Pasca Gempa dan Tsunami (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Partai Golkar menolak jika kampanye pemilu 2019 dihentikan sementara terkait adanya gempa bumi disertai tsunami menimpa wilayah di Sulawesi Tengah.

Hal ini dikatakan Ketua DPP Golkar, Ace Hasan Syadzily menanggapi imbauan
Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar kampanye pemilu dihentikan.

“Tanpa bermaksud tidak menunjukkan empati terhadap penderitaan rakyat Sulteng, agenda nasional kampanye sebaiknya tetap sesuai agenda. Hanya saja format acaranya tidak perlu berlebihan. Bisa dengan cara mengadakan acara membangkitkan solidaritas untuk rakyat Sulteng,” ujar Ace , Senin (1/10/2018).

Meski demikian, Ace memandang pernyataan SBY sangat simpatik. Ace lalu menjelaskan apa saja yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo dan pemerintahannya untuk menangai gempa Sulteng.

“Ajakan yang simpatik dari SBY. Saya kira pemerintahan Jokowi sangat serius dalam merespons dengan tanggap dan sigap dalam menangani tanggap darurat gempa dan tsunami Sulawesi Tengah. Presiden telah terjun langsung ke Palu. Belum lagi sebelumnya para pembantunya langsung sigap hari pertama seperti Menko Polhukam, BNPB, Mensos, Mendagri, Menkominfo, Panglima TNI terjun langsung ke daerah gempa,” jelas Ace yang juga Juru Bicara TKN Jokowi-Ma’ruf Amin.

Selain itu, Ace memandang rakyat Indonesia sudah paham harus melakukan apa jika ada saudara sebangsa yang sedang dilanda musibah. “Saya kira semua elemen rakyat Indonesia juga menunjukan solidaritas yang sangat tinggi dalam membantu derita masyarakat Sulawesi Tengah,” ucap Ace.

Imbauan yang Baik

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengapresiasi imbauan dari SBY itu.

“Sebagai solidaritas dan empati kepada saudara-saudara kita di Sulteng, itu imbauan yang baik,” ujar Wasekjen PKB Daniel Johan, Senin (1/10/2018).

Daniel memandang memang sudah seharusnya rakyat Indonesia bersatu untuk hal-hal yang positif. Lalu, apakah PKB setuju jika kampanye pemilu dihentikan sementara?

“Mari kita bersatu dalam galang solidaritas dan berlomba dalam kebaikan, itu menjadi semangatnya Pak Jokowi,” ucap Daniel.

“Hal-hal yang baik tentu setuju. Pak Jokowi ke sana (ke Palu) juga sepenuhnya untuk pemulihan secepatnya,” imbuh Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

Sebelumnya diberitakan, SBY memberikan saran kepada elite politik di tengah bencana gempa bumi di Sulawesi Tengah. SBY mengimbau agar kampanye Pilpres 2019 dihentikan sementara.

SBY memandang saatnya bangsa Indonesia menunjukkan solidaritas untuk saudara sebangsa yang mengalami musibah dan sekaligus membantu pemerintah mengatasi bencana itu. Bantuan diberikan baik pada fase tanggap darurat hingga rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Marilah kita utamakan dulu bersatu padu kita membantu pemerintah, membantu saudara-saudara kita dan sementara saya kira kegiatan kampanye pemilu kita hentikan dulu,” tegas SBY.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here