Jembatan Canggih Berornamen Bakal Hiasi Kota Palembang

Jembatan Musi IV, Palembang yang tengah dikerjakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI, Minggu (26/8/2018)

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pada Minggu pagi (26/8/2018), kemajuan pembangunan Jembatan Musi IV, Palembang, Sumatera Selatan, yang dikerjakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI (Sumsel – Babel dan Lampung).

Peninjauan dilakukan dengan perahu menyusuri Sungai Musi sekaligus melintasi bagian bawah jembatan, di sela-sela perhelatan Asian Games di Palembang,

“Infrastruktur jembatan, flyover dan underpas disamping memperlancar arus lalu lintas juga perlu dibuat indah dengan memasukan elemen budaya lokal sehingga bisa menjadi kebanggaan masyarakat dan menambah estetika kota,” kata Menteri Basuki, melalui keterangan resminya kepada PONTAS.id, Minggu (26/8/2018).

Jembatan Musi IV merupakan jembatan tipe Cable Stay Extradosed dan PC U-Girder dengan total panjang 1.130 meter dan bentang utama 312,8 meter. Dengan lebar 12 meter untuk bahu jalan dan dua lajur kendaraan.

“Hingga hari ini, progres fisik pembangunan jembatan telah mencapai 90,3 persen dengan sisa pekerjaan penyambungan bentang tengah. Diharapkan sudah bisa difungsikan pada akhir November 2018 yang akan datang,” harapnya.

Ditambahkan Menteri Basuki, spek kualitas konstruksi dan keindahan jembatan juga diperhatikan sehingga menambah kualitas wajah kota Palembang sebagai kota tepi air Sungai Musi yang dinamis dan legendaris. Salah satunya pemasangan ornamen singkar suku Paksangko yang merupakan perhiasan kepala khas Kerajaan Sriwijaya pada kedua tiang jembatan.

Jembatan ini juga akan dilengkapi lampu artistik yang akan menambah indah lansekap dan arsitektur Kota Palembang di kala malam. “Aspek keamanan jembatan menjadi prioritas utama melalui penerapan Structural Health Monitoring System (SHSM) untuk memonitor kesehatan jembatan dan mengirimkan informasi ke pusat data,” terangnya.

Editor: Hendrik JS

Previous articleTolak Gelar Doktor HC, Ignasius Jonan Lebih Pilih Piala
Next articleBangun Huntrap Korban Gempa Lombok, Kemenhub Gandeng UGM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here