Gilas Hongkong 3-1, Indonesia Puncaki Klasemen Grup A

Jakarta, PONTAS.ID – Skor akhir pertandingan Timnas U-23 Indonesia vs Hongkong dalam laga terakhir fase Grup A Asian Games 2018 yang digelar di Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi, Senin (20/8/2018) malam, berakhir dramatis untuk kemenangan Timnas Garuda.

Timnas U-23 Indonesia yang sempat tertinggal 0-1, bisa membalikkan keadaan di babak kedua menjadi 3-1 dan menang atas Hongkong. Adalah tiga gol dari Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, dan Hanif Sjahbandi membuat Indonesia menang dan menjadikan juara Grup A.

Dalam laga tersebut pelatih Indonesia, Luis Milla kembali menurunkan para pemain yang sukses mengalahkan Laos dengan skor 3-0 pada laga sebelumnya. Hanya satu pemain yang diganti, yakni Saddil Ramdani asal Persela Lamongan yang menjadi cadangan dan Irfan Jaya dimainkan sebagai starter.

Permainan di awal babak pertama masih cukup berimbang. Indonesia tidak bisa tampil nyaman untuk dominan seperti melawan Laos. Adu lini tengah terlihat di awal babak. Serangan sayap Indonesia yang biasa dilakukan lewat sektor kiri Febri Hariyadi masih belum maksimal.

Hongkong akhirnya unggul pada menit 37 lewat tandukan kaptennya, Hok Ming, yang membobol gawang yang dijaga Andritany Ardhiyasa dengan memanfaatkan lengahnya pertahanan Indonesia, dan lolos dari jebakan offside. Setelah gol itu, Indonesia tampil lebih agresif.

Sempat terjadi keributan di menit akhir ketika Hansamu Yama bersitegang dengan salah satu pemain Hongkong. Hansamu Yama pun harus menerima kartu kuning akibat aksi sikutnya. Hingga babak pertama usai, skor 0-1 untuk keunggulan Hongkong bertahan.

Di awal babak kedua, Indonesia langsung tampil menekan. Dan hasilnya, di menit 46 Irfan Jaya merubah skor lewat golnya dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Terciptanya gol tersebut berawal dari umpan terobosan Stefano Lilipaly. Setelah menyamakan kedudukan, Indonesia tampil lebih agresif. Sejumlah peluang didapat.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang di menit-menit akhir pertandingan. Adalah Stefano Lilipaly yang membuat Stadion Patriot Bekasi bergemuruh. Golnya di menit 85 yang cukup cantik dengan melewati satu pemain belakang Hongkong membuat Indonesia membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Dan akhirnya Indonesia menutup kemenangan menjadi 3-1 lewat gol Hanif Syahbandi di menit 90+3 lewat skema serangan balik yang dibangun Lilipaly. Skor 3-1 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga peluit panjang dibunyikan dan Indonesia jadi juara Grup A Asian Games 2018.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here