Sail Motam 2018 Diharapkan Dorong Investasi dan Promosi Pariwisata NTB

Jakarta, PONTAS.ID – Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB), bakal menggelar event Sail Indonesia Moyo Tambora (Sail Motam) 2018, yang akan diikuti 42 negara dan akan berlangsung di Pulau Sumbawa, NTB pada tanggal 9 hingga 23 September 2018 yang akan datang.

Dalam peluncuran Sail Motam, Bulan Pesona Lombok-Sumbawa 2018, dan Festival Pesona Moyo 2018 di Gedung Balai Kartini Kuningan Jakarta, Minggu (15/7/2018) malam, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Dadang Rizki Ratman menyampaikan harapannya.

Kata Dadang, pihak Kemenpar mengharapkan Sail Motam 2018 akan mendorong investasi dan juga menjadi sarana promosi pariwisata NTB yang efektif. Dia lantas mengapresiasi upaya Pemprov NTB yang tetap konsisten berusaha untuk merealisasikan penyelenggaraan event Sail Motam 2018.

“Untuk mensukseskan event Sail Motam 2018 ini memang perlu dijalankan strategi promosi yang lengkap yaitu saat pre-event, on-event, dan post-event (POP). Konsistensi dan kegigihan NTB itu berbuah realisasi event internasional Sail Motam 2018,” kata Dadang dalam siaran pers Kemenpar yang diterima wartawan, Selasa (17/7/2018).

Sementara itu Wakil Gubernur (Wagub) NTB, H. Muh. Amin mengungkapkan bahwa Sail Motam 2018 sebagai sarana promosi memang diharap dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB. Dimana pada tahun ini Pemprov NTB telah menargetkan 4 juta wisatawan. Dua juta di antaranya wisatawan mancanegara (wisman).

Selain itu, event international Sail Motam 2018 itu pun juga diharapkan bisa menjadi pendorong investasi, dalam upaya Pemprov NTB yang ingin meningkatkan perekonomian. Menurut Muh. Amin, investasi yang masuk ke NTB saat ini masih kurang dari 5 persen dari total investasi nasional tahun lalu sebesar Rp650 triliun.

“Masuknya investasi tersebut, kata mendorong pertumbuhan ekonomi daerah NTB tahun lalu mencapai 7,1 persen atau di atas pertumbuhan nasional. Dampaknya, dapat menurunkan angka kemiskinan hingga 2 persen dan juga diharapkan dalam lima tahun ke depan tinggal 1 persen,” ungkap Muh. Amin.

Untuk diketahui, event Sail Motam 2018 yang diselenggarakan bersama oleh Pemprov NTB, Pemkab Sumbawa, Kemenko Kemaritiman dan Kemenpar ini, merupakan upaya mempromosikan potensi wisata bahari di NTB khususnya Pulau Satonda, Pulau Moyo, dan Tambora atau Samota di Kabupaten Sumbawa ke kancah internasional.

Tema yang akan diangkat di dalam event Sail Motam 2018 ini, yakni ‘Discover Samota’. Untuk pre-event, akan digelar kegiatan Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2018 yang berlangsung dari tanggal 18 Agustus hingga 16 Sepetember 2018. Untuk on-event, Sail Motam 2018 berlangsung pada 9 hingga 23 September 2018.

Dan kemudian dilanjutkan dengan post-event, yaitu Festival Pesona Moyo yang berlangsung pada 10 September hingga 8 Oktober 2018 yang akan datang. Rangkaian acaranya antara lain yakni Tambora Vulcano Tour, International Yacht Rally, Culture Performance Moyo Tambora, City Parade, dan Expo Maritim.

Lalu ada pula rangkaian acara Moyo Tambora Fun Run, International Culinary Program, Dialog Budaya Maritim, Investment Forum, Seminar Internasional Asia Pasifik Geopark Network, Barapan Kebo & Pacuan Kuda, International Paragliding Competition, dan juga pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat setempat.

Editor: Risman Septian

Previous articleDemokrat-Gerindra Diharapkan Segera Berkoalisi
Next articlePrabowo Kantongi Tiket Pilpres dari Koalisi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here