PKS Dukung Larangan Eks Koruptor Nyaleg

Hidayat Nur Wahid

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan, pihaknya mendukung langkah KPU yang meresmikan peraturan KPU (PKPU) yang soal larangan mantan koruptor maju sebagai calon legislatif di Pemilu 2019.

“PKS sangat mendukung segala upaya untuk memberantas korupsi, termasuk dikeluarkannya PKPU sebagai tindakan preventif agar dari hulunya hingga hilir proses demokrasi kita disterilkan dari masalah korupsi,” ujar Hidayat di gedung DPR, Senin (2/7/2018).

Menurutnya, Indonesia tidak kekurangan orang-orang bersih yang akan dicalonkan dalam Pemilu 2019.

Ia juga mengusulkan agar aturan larangan mantan napi korupsi diberlakukan juga dalam pemilihan anggota DPR RI, sebab, dalam pemilihan calon Presiden/Wapres dan anggota DPD RI sudah diberlakukan larangan mantan napi koruptor mencalonkan diri.

“Sementara di sana yang bersih masih amat sangat banyak. Selain itu rakyat kita punya hak asasi untuk mendapatkan calon anggota dewan baik pusat maupun yang tidak terkena korupsi. Lebih daripada itu juga, aturan untuk Pilpres dan pemilihan calon anggota DPD itu sudah berlaku tidak boleh dari mantan napi korupsi. Kenapa dibedakan antara untuk Presiden, DPD, dan DPR dan DPRD? toh hkikatnya sama, yaitu rakyat diberi calon dan rakyat akan memilih,” katanya.

Sebelumnya aturan larangan napi koruptor mencalonkan diri termaktub dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018.

Previous articleKetua DPR Hormati Kewenangan Panggil Paksa DPR Dibatalkan MK
Next articleKPAI Apresiasi KPU Terbitkan Larangan Eks Penjahat Seksual Anak Dilarang Nyaleg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here