Mendagri: e-KTP Djarot Sah dan Sesuai Prosedur

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memberikan tanggapannya terkait polemik e-KTP milik calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat yang sedang ramai diperbincangkan.

“Hasil penelusuran kami terhadap history data yang bersangkutan dalam database kependudukan menunjukkan bahwa KTP-el (KTP elektronik) Bapak Djarot Saiful Hidayat adalah KTP-el asli/sah, yang diterbitkan melalui prosedur yang benar,” kata Tjahjo selaku Mendagri, Jakarta, Selasa, (12/6/18).

“Terkait dengan penerbitan e-KTP milik Djarot, e-KTP tersebut diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Medan sebagai instansi pelaksana, sebagaimana diamanatkan UU 24 Tahun 2013. Dasar penerbitan adalah SKPWNI/3174/01062018/0001 tanggal 1 Juni 2018 dari daerah asal Kota Administrasi Jakarta Selatan ke daerah tujuan Kota Medan. Data dan KTP-el yang bersangkutan di-update pada hari Senin, tanggal 4 Juni 2018 pukul 10:48:39 AM oleh pemegang username nomor: 1271budi,” ucap Tjahjo menjelaskan.

Penerbitan e-KTP milik Cagub Sumut nomor urut 2 ini pun langsung diserang oleh isu tak sedap. Seorang pejabat daerah setempat sempat mempertanyakan soal prosedur penerbitan e-KTP. Pasalnya, pejabat daerah tersebut merasa tidak pernah menerima surat pengajuan e-KTP dari Djarot.

“Pernyataan saudara M Agha Novrian, Camat Medan Polonia, yang menyatakan bahwa: ‘Dia harus membawa surat pindah dari asalnya ke kelurahan. Nanti dari kelurahan diteruskan ke camat setelah ada rekomendasi dari kecamatan baru kita rekomendasi ke Disdukcapil,’ tidak tepat dan menunjukkan bahwa dia tidak memahami perkembangan pelayanan Dukcapil yang tidak lagi mensyaratkan pengantar RT/RW, lurah/kades, dan camat dalam pengurusan dan penerbitan e-KTP, kecuali pengurusan dan penerbitan e-KTP untuk pertama,” papar Tjahjo menanggapi isu miring tersebut.

Untuk diketahui, sebelumnya Djarot mengatakan bahwa dirinya sudah sah tercatat sebagai warga Kota Medan, hal itu dia buktikan dengan menunjukkan e-KTP yang sudah dikeluarkan oleh Disdukcapil saat acara Dialog Publik, Kamis (7/6) malam lalu.

Previous articleKalangan Ulama di Sampang Mantapkan Suara untuk Gus Ipul-Puti
Next articlePastikan Stok Elpiji Aman, Pemerintah juga Awasi Sub Penyalur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here