Kalahkan Liverpool, Real Madrid Juara Liga Champions

Real Madrid Juara Liga Champions ke-13 di Kiev

Kiev, PONTAS.ID – Real Madrid tampil sebagai juara Liga Champions 2017/2018. Los Blancos mengandaskan Liverpool dengan skor 3-1 di partai final.

Dalam final Liga Champions yang berlangsung di NSC Olimpiyskiy Stadium, Minggu (27/5/2018) dinihari WIB, Madrid dan Liverpool berduel ketat di babak pertama. Skor 0-0 menghiasi paruh pertama pertandingan.

Babak pertama sendiri dihiasi drama, ketika penyerang andalan Liverpool Mohamed Salah cedera dan tak bisa melanjutkan permainan. Salah menangis saat keluar dari lapangan di menit ke-31. Enam menit berselang, giliran Dani Carvajal yang cedera dan menangis ketika diganti.

Madrid membuka keunggulan di menit ke-51 lewat gol Karim Benzema, memanfaatkan blunder fatal Loris Karius. Lemparannya diserobot Benzema yang berdiri tepat di depannya.

Empat menit kemudian, atau tepatnya di menit ke-55, Liverpool menyamakan kedudukan lewat Sadio Mane. Mane mencetak gol memanfaatkan bola hasil sepak pojok.

Gol spektakuler Gareth Bale di menit ke-64 lantas membawa Madrid kembali memimpin. Tendangan saltonya menyambut umpan lambung Marcelo melesak ke pojok kiri atas gawang Liverpool.

Sebuah kesalahan dari Karius lagi-lagi menghukum Liverpool. Dia gagal mengantisipasi dengan baik tendangan jarak jauh Bale, sehingga bola tergelincir dari tangannya dan masuk ke gawang.

Skor 3-1 bertahan sampai pertandingan usai. Madrid pun memenangi Liga Champions untuk tiga kali beruntun. Ini merupakan titel ke-13 Los Merengues di turnamen tersebut.

Duka Salah

Kisah di Kiev bagi Liverpool amat menyisakan duka buat Mohamed Salah. Ya, bagaimana tidak pada final pertama dalam seumur hidup dibenua eropa. Salah tak mampu menahan kesedihannya saat berjalan dipapah ke luar lapangan. Final Liga Champions berjalan antiklimaks untuknya.

Pemain depan asal Mesir itu tak punya banyak kesempatan melanjutkan kegemilangan yang sudah dia tunjukkan sedari awal musim ini. Di menit 31 Salah ditarik keluar oleh Klopp karena cedera. Dia diduga mengalami dislokasi bahu.

Mohamed Salah Keluar dengan Air Mata

Salah sedang berduel berebut bola dengan Sergio Ramos saat mereka berdua terjatuh. Malang buat Salah, tangannya saat itu terjepit dan terlihat tertindih tubuh besar Ramos.

Malam final Liga Champions yang ditunggu-tunggu sebagai puncak penampilan Salah ternyata malah berjalan antiklimaks.

Salah pun tak bisa menambah lagi golnya yang sudah berjumlah 44 di sepanjang musim ini. Cedera menghabisi peluangnya membantu Liverpool menjuarai Liga Champions untuk kali keenam. Di akhir laga, Liverpool kalah 1-3 oleh Real Madrid.

Pendukung Liverpool di seluruh dunia kecewa bukan lain dengan cedera tersebut. Tapi Salah lah yang paling terpukul. Air matanya mengalir saat dia berjalan ke luar lapangan ditemani tim medis The Reds.

Raja Eropa

Berbeda kisah dengan Mohamed Salah. Pemain Real Madird, Cristiano Ronaldo menegaskan dominasinya di ajang Liga Champions. Dia seakan mengikrarkan statusnya sebagai raja di kasta tertinggi kompetisi antarklub Eropa.

Bagi Ronaldo, raihan gelar juara Liga Champions ini merupakan yang kelima. Dia dicatat oleh Squawka sebagai pemain dengan raihan juara terbanyak sejak era Liga Champions.

Ronaldo dengam 5 Trofi Liga Champions

Empat gelar didapat bersama Madrid, tiga direngkuh secara berurutan. Satu lainnya dicatatkan bersama Manchester United.

Ronaldo juga masih memuncaki posisi teratas daftar pencetak gol sepanjang masa Liga Champions. Dia sudah 120 kali membobol gawang lawan. Di Liga Champions 2017/2018, Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak dengan 15 kali menjaringkan bola.

Catatan terbaik Ronaldo di satu musim Liga Champions adalah 17 gol, yang dibukukan di musim 2013/2014. Sementara catatan terbanyak CR7 dalam satu tahun kalender di Liga Champions ialah 19 gol.

Ronaldo juga menjadi pemain dengan catatan kemenangan terbanyak di Liga Champions, dengan 97 kali membantu tim yang dibelanya menaklukkan lawan. Kalau termasuk babak kualifikasi, dia sudah mencatatkan 100 kemenangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here