Proses Pengadilan Setnov Pengaruhi Suara Golkar

Jakarta, PONTAS.ID – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, menyebut suara Golkar sempat terpengaruh oleh proses pengadilan mantan ketua umumnya Setya Novanto atau Setnov.

Hal ini disampaikan oleh Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, saat menjelaskan hasil penelitian yang dilakukan lembaganya 28 April sampai 5 Mei 2018 lalu.

Dia menuturkan, dari para responden yang memilih Golkar, yang terpengaruh isu Setnov dan tidak akan memilih partai tersebut sebanyak 5,3%. Sedangkan yang tetap memilih sebanyak 84,5% dan tidak tahu atau tidak jawab sebesar 10,2%.

Diketahui, dalam survei ini, PDIP menduduki posisi pertama dengan meraih suara 21,70%. Disusul kemudian oleh Golkar dengan 15,30%, dan Gerindra 14,70%.

“Isu pengadilan Setya Novanto menurunkan dukungan Golkar secara signifikan,” ucap Ardian di kantornya, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Meski demikian, program yang ditawarkan Golkar, menurut dia, membuat masyarakat suka. Sehingga partai berlambang pohon beringin itu, tetap berada di papan atas.

Adapun, lanjutnya, program seperti sembako murah disukai responden sebanyak 87,5%, kemudian lapangan kerja tersedia 84,7%, rumah harga terjangkau dan mudah akses sebesar 82,4%.

Terakhir teknologi tinggi untuk keadilan dan kesejahteraan sebanyak 76,9% yang menyukainya.

“Program Golkar ini yang menaikan suara Golkar kembali. Namun, tingkat pengenalan program ini baru dikenal kurang dari 15% (dari responden yang memilih Golkar). Sehingga, jika semakin program ini dikenal, semakin baik dukungan untuk Golkar,” ungkap Ardian.

Previous articleSandiaga Klaim PAN Setuju Gabung Sekber Gerindra-PKS
Next articlePelaku Usaha Dagang Online Harus Ada Kolaborasi untuk Meningkatkan UKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here