KKP Aggarkan Miliaran Rupiah Untuk Pengembangan KJA

Ppresiden Joko Wodo, didampingi Menteri Susi Pudjiastuti saat tebar bibit ikan Kakap Putih (Baramundi) usai peresmian KJA, dilepas pantai Pengandaran.

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Kelautan Dan Perikanan sedang mengembangkan Keramba Jaring Apung (KJA) Offshore lepas pantai. Program KJA Offshore merupakan salah satu metode budi daya ikan kakap modern dengan menggunakan teknologi.

Program ini menelan anggaran hingga Rp 131 miliar yang nantinya akan dibagi ke 3 daerah yakni Pangandaran, Karimunjawa, dan Sabang.

Presiden Joko Widodo meresmikan langsung proyek KJA lepas pantai dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Beberapa hari lalu.Proyek tersebut merupakan upaya pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk meningkatkan produktivitas para nelayan dan membudidayakan ikan-ikan yang kini sulit ditemukan.

“Kami menggunakan alat standar dengan Norwegia,” kata Direktur Jenderal Perikanan Budi daya, Slamet Soebjakto, di Gedung KKP, Jakarta, Jumat (27/4).
Slamet mengatakan kerja sama dengan Norwegia dalam menggarap KJA ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan industrialisasi budi daya ikan.

“Kami memberdayakan mereka (warga) dari proses pembuatan hingga pembibitan, produksi dan pemasaran,” ujarnya.

Program tersebut diperkirakan bisa menyerap tenaga kerja 200 hingga 240 orang di setiap daerah. Para pekerja tersebut diproyeksikan akan mendapatkan penghasilan Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta per bulan.

Slamet mengatakan proses pemeliharan budi daya ikan kakap dengan menggunakan KJA bisa mencapai 1,5 bulan hingga 2 bulan dengan produksi ikan kakap putih mencapai 768 hingga 816 ton setiap lubang untuk setiap tahunnya.

“Nantinya akan terdapat 3 lubang KJA di setiap pantai yang diperkirakan produksi dari seluruh daerah sebanyak 2.304-2448 ton dengan nilai Rp 161,28 miliar – Rp 171,38 miliar,” ujarnya.

Editor: Idul HM

Previous articleKemenkop-Mozambik Pererat Pemasaran UKM
Next articleJaga Kamtibmas, Polrestabes Makassar Gencarkan Razia Miras

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here