Jaring Wisatawan, Banjarmasin Roadshow ke Jawa Tengah

Menara Pandang Sungai Martapura, Banjarmasin

Jakarta, PONTAS.ID – Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Banjarnasin melakukan roadshow dan table top dengan kalangan industri Jawa Tengah (Jateng) dan Kota Tangerang Selatan untuk menjaring wisatawan nusantara (wisnus) sekaligus mempromosikan ibukota Kalimantan Selatan itu sebagai tujuan wisata.

“Kota Banjarmasin memiliki obyek wisata baru seperti Menara Pandang Sungai Martapura dan patung hewan primata Bekantan yang menjadi ikon serta menjadi tujuan wisata,” kata Kabid Parsenibud Kota Banjarmasin, Drs Doddy Herlianto, Jakarta, Jumat, (20/4/18).

Pihaknya juga memiliki event-event tahunan yang menarik dan bisa dinikmati wisatawan nusantara seperti Festival Kemilau Banjarmasin Bungas. Dengan berbagai kegiatan pawai, aneka lomba, festival kuliner, Banjarmasin Nite Carnival hingga lomba menyanyi sambil menyusuri sungai (Song of the River).

Menurut Doddy, Menara Pandang Sungai Martapura yang terlihat jelas dari samping Sungai Martapura diresmikan Juni 2014 lalu dimana turis bisa menyaksikan pemandangan pusat kota. Lokasinya di sekitar Siring Pierre Tendean dan tak jauh dari sini juga berdiri ikon baru patung Bekantan setinggi 6,5 meter. Di Kalimantan Selatan, hewan ini tersebar di hutan-hutannya seperti di Pulau Bakut.

“Dari Menara Pandang banyak yang bisa dilihat seperti lalu lintas jukung (perahu), gaya hidup masyarakat hingga bangunan rumah tua yang dibangun tahun 1920 dan menjadi objek yang menarik di sebelah Menara Pandang Sungai Martapura Kota Banjarmasin, “ ujarnya.

 

 

Titah Listiorini,Dirut PT PRPP Jateng yang mengelola kawasan wisata mengatakan langkah Disparsebud Kota Banjarmasin melakukan roadshow ditanggapi dengan antusias oleh industri wisata Kota Semarang. Mereka yang datang adalah para pelaku yang sudah siap dengan paket-paket wisata sehingga kegiatannya efektif dan effisien.

“Bagi kami yang sama-sama berkecimpung di Gerakan Nasional Sadar Wisata (Gernasta) juga akan saling mendukung program dengan melakukan kunjungan dan pelatihan sadar wisata agar masyarakat di tujuan wisata bisa menjadi tuan rumah yang baik,” tambahnya.

Previous articleLuhut: DPR Sudah setujui Anggaran Pertemuan Tahunan IMF-World Bank
Next articleKasus BLBI Jadi Pertaruhan KPK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here