Anwar Usman Diharapkan Angkat Marwah MK

Anwar Usman Saat Membaca Sumpah Jabatan (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan berharap, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, yang baru saja dilantik bisa mengangkat marwah MK.

“Pertama, kita ucapkan selamat kepada Pak Anwar Usman. Tentu kita berharap, beliau dapat menjawab berbagai tantangan yang dihadapi MK selama ini, salah satunya mengembalikan kepercayaan publik. Integritas hakim konstitusi juga diharapkan terjaga, dan meningkat,” kata Taufik di gedung DPR, Selasa (3/4/2018).

Waketum DPP PAN itu secara khusus menyoroti mengenai integritas dan kredibilitas hakim konstitusi. Ia berharap ke depannya, para hakim konstitusi tidak melakukan pelanggaran kode etik, yang berimbas pada kepercayaan publik.

Taufik juga menilai Pilkada 2018, Pilpres dan Pileg 2019 akan menjadi tantangan MK di bawah komando Anwar Usman.

“Integritas MK akan sangat terlihat pada Pilkada dan Pemilu, karena mungkin nanti ada gugatan-gugatan ke MK. Tentu kita berharap MK dengan dipimpin Pak Anwar Usman dapat menjaga dan meningkatkan integritasnya,” harap Taufik.

Diketahui, Anwar Usman terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2018-2010 menggantikan Arief Hidayat.

Anwar terpilih setelah unggul dalam perolehan suara dalam Rapat Pleno Pemilihan Ketua MK. Pemilihan Ketua MK diputuskan secara voting atau melalui pemungutan suara oleh sembilan hakim konstitusi.

Previous articleDjarot Saiful Hidayat Temui Aktivis Lingkungan
Next articleKemenkop dan UKM Gencar Mendorong Gerakan Kewirausahaan Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here