Endeavor Ciptakan Ekosistem Wirausaha yang Dinamis

Tingkatkan Kualitas Kewirausahaan Indonesia, Endeavor Gelar Scale-Up Asia 2018, (Foto:Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Memberikan dorongan kepada ekonomi Indonesia sebagai bagian dari jejaring Endeavor Global yang telah berhasil membantu menyediakan lebih dari 700.000 lapangan pekerjaan di dunia, Endeavor Indonesia berfokus pada pertumbuhan ekosistem entrepreneur dengan menyelenggarakan acara tahunan Scale-Up Asia 2018 yang diadakan di The Hall Ballroom, Senayan City.

Acara yang mengangkat tema “50 Shades of Scale-Up” tersebut menghadirkan para founder yang sukses di bidangnya untuk membagikan kisah inspiratif mereka agar dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama di sektor ekonomi kreatif.

Melalui acara tersebut, Endeavor Indonesia bermaksud memberikan dampak positif terhadap perekonomian dan ekosistem wirausaha di lndonesia melalui gerakan High-Impact Entrepreneurship (HIE). Saat ini sudah tercatat lebih dari 38 entrepreneur dari 30 perusahaan yang terseleksi menjadi Endeavor Entrepreneur. Mereka merupakan entrepreneur yang dinilai berpotensi untuk meningkatkan skala bisnisnya dan melipatgandakan dampaknya bagi pertumbuhan perekonomian lndonesia, penciptaan lapangan pekerjaan bernilai tinggi, dan pengembangan ekosistem kewirausahaan di Indonesia.

Chairman Endeavor Indonesia Harun Hajadi mengatakan, demi menciptakan ekosistem wirausaha yang dinamis, adanya role model yang menginspirasi merupakan faktor penting, selain dua faktor lain seperti akses pada mentor dan permodalan.

“Untuk itu, peran para HIE ini sangat vital karena memberikan pengaruh kepada para founder muda melalui cerita sukses mereka, sekaligus memberikan bimbingan langsung melalui kegiatan mentoring seperti di acara Scale-Up Clinic yang juga difasilitasi oleh Endeavor,” kata Harun selaku Chairman Endeavor Indonesia, Jakarta, Kamis, (29/3/18).

Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Sungkari menanggapi, entrepreneur di lndonesia, khususnya dari industri kreatif, masih menghadapi berbagai tantangan dalam mengakselerasi bisnisnya. Beberapa tantangan tersebut di antaranya adalah sulitnya mengakses permodalan, rendahnya kepercayaan investor, keterbatasan manajemen yang berkualitas, minimnya role model, serta kurangnya akses terhadap network yang luas.

“Besar harapan kami bahwa rangkaian acara Scale-Up Asia 2018 ini dapat berkontribusi menjawab kebutuhan entrepreneur muda di Indonesia,” ujarnya.

Endeavor Indonesia, juga mendapat dukungan dari para mitranya seperti Bekraf, Maybank Indonesia, Grab lndonesia, Tokopedia, Acer, dan mitra-mitra lainnya.

Untuk itu, tambah Harun, Endeavor Indonesia juga berharap agar kisah sukses para entrepreneur dan pemimpin bisnis di acara Scale-Up Asia 2018 dapat mendorong semangat mereka untuk bukan hanya menjadi pelaku usaha, tetapi mengembangkan skala usahanya untuk menciiptakan dampak positif secara ekonomi dan sosial yang lebih besar.

Taswin Zakaria, Presiden Direktur Maybank Indonesia mengaku mendukung sepenuhnya acara Scale-Up Asia 2018. “Tujuan Endeavor Indonesia dalam mendorong semangat berwirausaha di Indonesia melalui Scale-Up Asia 2018 ini, sejalan dengan semangat Maybank Indonesia dalam membantu pertumbuhan perekonomian nasional,” tuturnya.

Previous articleHari Ini Novanto Hadapi Tuntutan Kasus e-KTP
Next articleIndustri Otomotif Masih Andalan Perekonomian Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here