Percepatan Geo Park Danau Toba, Fasilitas Kawasan Tele Dibenahi

Pemandangan Danau Toba dilihat dari Kawasan Wisata Tele

Jakarta, PONTAS.ID – Kawasan Wisata Tele, Geopark Kaldera Toba di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara dikenal sebagai lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan Danau Toba.

Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), meningkatkan Fasilitas di lokasi tersebut dengan tempat istirahat (rest area) dua lantai berstandar internasional serta ramah lingkungan.

Pembangunan tempat istirahat tersebut untuk mendukung wisata Tele yang merupakan bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.

“Selain itu dengan fasilitas yang memadai Geopark Kaldera Toba memenuhi kriteria penilaian Global Geopark Network Unesco sebagai salah satu Geopark Global,” kata ,” kata Kepala Pusat Kebijakan dan Penerapan Teknologi (PKPT) Badan Litbang, Kementerian PUPR Rezeki Paranginangin usai melakukan serah terima pengelolaan IPA-IPAL di rest area Wisata Tele kepada Pemkab Samosir, Sumatera Utara, Jumat (23/3/2018) pekan lalu dalam siaran persnya.

Fasilitas yang dibangun dengan Teknologi hasil karya Balitbang Kementerian PUPR

Teknologi PUPR
Dijelaskan Rezeki, fasilitas yang dibangun yaitu di lantai satu dibuat toilet (5 toilet wanita, 3 toilet pria, 1 toilet difabel), mushola, ruang menyusui dan area parkir. Di lantai dua terdapat area seluas 214 m2 terdapat rumah kaca sebagai ruang serbaguna berkapasitas 40 orang, spot swafoto dan balkon.

“Ini merupakan replikasi perdana setelah sebelumnya telah dilakukan uji coba oleh Balitbang. Hal ini juga membuktikan teknologi Balitbang juga bisa dikerjakan oleh penyedia jasa,” kata Rezeki.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasinya atas dibangunnya fasilitas tersebut dan siap merawatnya. “Fasilitas tersebut akan dikelola Dinas Pariwisata atau Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Samosir,” tandasnya.

Editor: Hendrik JS

Previous articleProbosutedjo Wafat, Ketua MPR: Track Recordnya Banyak Amal Saleh
Next articleAkuisisi Uber, Grab Siap Beri Ancaman ke Go-Jek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here