5 Suku dalam Black Panther yang Ada di Dunia Nyata

Film Black Panther (via: Youtube ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Black Panther film yang sudah di tunggu-tunggu oleh pencinta Marvel, akhirnya 14 febuari 2018 kemarin telah di luncurkan di Indonesia. Beragam ulasan maupun kritikan mewarnai film Black Panther.

Salah satu  film Marvel di dunia superhero  yang sekitar 90 persen aktor dan aktris kulit hitam, dengan melibatkan sutradara berkulit hitam Ryan Coogler,  serta latar belakang cerita di Benua Afrika. Banyak yang mengatakan ‘Black Panther’ film Marvel mewakili keberadaan suku-suku di Afrika.

Dikutip dari situs CNN, Senin (19/2/2018) Ruth E Carter, desainer yang merancang kostum pemain Black Panther mengungkapkan bahwa dia memadukan 10 suku yang berada di Afrika. Dan dia harus berkunjung ke Afrika dan melihat langsung bagaimana budaya dan orang-orang yang hidup di Afrika.

Dalam wawancaranya, Carter juga mengungkap suku-suku yang paling berpengaruh di dalam pembuatan ‘Black Panther’. Adapun suku-suku Afrika yang berada di film Black Panther dan hidup di dunia nyata, lalu Suku apa saja ya yang ada di dalam film ini?

1. Suku Himba di Namibia

Salah satu pimpinan lima suku yang dipimpin Black Panther mempunyai rambut gimbal yang seperti ditutupi tanah liat berwarna merah. Adapun suku yang memiliki tradisi melindungi rambut seperti itu adalah Suku Himba. Suku ini hidup di Kaokolad, Namibia.

Jika di dalam film yang berambut gimbal adalah laki-laki, namun sejatinya yang berambut merah di Afrika adalah perempuan. Apabila perempuan telah memasuki masa pubertas, maka dia harus menggunakan otjiza.

Otjiza adalah campuran tanah berwarna merah dengan lemak yang nantinya dioleskan ke rambut para perempuan.Tidak hanya rambut, perhiasan dan seluruh badan para perempuan Hemba dioleskan lumpur berwarna merah ini. Tujuannya sebagai pelindung dari terik matahari dan serangga.

2. Suku Dogon di Afrika Barat

Salah satu suku yang berpengaruh di dalam flim ‘Black Panther’ adalah Suku Dogon yang hidup di Mali, Afrika Barat. Suku ini berciri khas memiliki topeng yang unik untuk menutupi wajah. Topeng ini menjadi bagian budaya Dogon yang menunjukan keagungan dari nenek moyang mereka.

Suku Dogon juga dikenal dengan kemampuan astronomi mereka. Mereka mampu menghitung dengan akurat peristiwa kosmologi dan orbit-orbit bintang kuno

3. Suku Maasai di Afrika Timur

Di dalam film Black Panther, terdapat prajurit perempuan botak dengan kalung logam yang memenuhi leher mereka. Adapun di dunia nyata perempuan botak yang memiliki kalung yang beragam bentuk ini adalah wanita Suku Maasai.

Suku Maasai terkenal sebagai suku terkuat di Afrika. Para laki-lakinya saja berburu singa! Semua para pria Suku Maasai, begitu beranjak dewasa akan menjadi Empikas alias prajurit. Mereka siap menjaga wilayahnya, dengan senjata berupa tombak dan berburu hewan demi keberlangsungan hidup keluarganya.

Di dalam film Black Panther, suku ini diperlihatkan juga di karakter prajurit yang menjaga perbatasan. Ciri khas dari suku ini adalah para pria mengenakan jubah beragam corak

4.Suku Mursi di Ethiopia

Satu dintara lima suku yang dipimpin Black Panther, pimpinannya memiliki piringan bundar di bibirnya. Di dunia nyata, suku yang memiliki tradisi melobangkan bibir kemudia mengisi lubang tersebut dengan piringan bundar adalah Suku Mursi.

Adapun yang melakukan tradisi ni adalah wanita Mursi yang telah memasuki usia pubertas. Bibir mereka nantinya akan ditarik dan dilubangi dengan pisau kecil. Semakin bertambahnya usia, diameter piringan juga akan semakin besar. Bagi wanita Mursi, tradisi melubangi bibir ini sebagai tolak kecantikan. Semakin besar diameter piringan, semakin cantiklah dia.

5. Suku Suri di Ethiopia

Ingat adegan dimana T’Challa sang Raja Wakanda bertarung dengan Erik Killmonger untuk merebut tahta menjadi raja? Mereka bertarung satu lawan satu menggunakan tongkat. Pertarungan mereka ini ada di dunia nyata, dilakukan oleh Suku Suri.

Namun, di dunia nyata Suku Suri tidak bertarung untuk merebut tahta, namun pria Suri bertarung untuk merebutkan seorang wanita. Pertarungan ini disebut Donga, dimana dua pria berkelahi menggunakan tongkat tanpa pakaian, bertarung sampai salah satunya menyerah, bahkan sampai mati.

Penasaran dengan film ini? Saksikan di bioskop kesayangan anda, jangan sampai ketinggalan.

Previous articlePolri Diminta Usut Skandal Korupsi KPK
Next articlePemerintah Batal Tunjuk Jenderal Polisi Pj. Gubernur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here