Akibat Diguyur Hujan, Jalan Nasional Yogyakarta Ambles

Akibat Diguyur Hujan, Jalan Nasional Yogyakarta Ambles, (Foto:Ist)

Gunung Kidul, PONTAS.ID – Jalan nasional yang menghubungkan Yogyakarta dengan Gunungkidul ambles setelah hujan mengguyur beberapa hari terakhir. Jalan nasional yang ambles itu berada di Desa Putat, Kecamatan Patuk. Kondisi ini membuat arus lalu lintas terganggu karena jalan tersebut menjadi akses utama menuju Yogyakarta.

 

Koordinator Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) desa setempat, Bangkit Syafrodin mengutarakan hujan deras tak hanya mengakibatkan jalan nasional ambles, namun juga terdapat longsor di titik tak jauh dari lokasi itu. “Akibatnya satu rumah warga terancam,” ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Edy Praptono menambahkan, pihaknya akan membantu menghubungkan perbaikan jalan itu kepada Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (Satker P2JN) DIY. Ia mengatakan perbaikan jalan nasional tidak menjadi kewenangan pemerintah setempat. “Kami hanya melaporkan jika ada kerusakan jalan,” kata dia.

Di tempat lain, Kapolsek Patuk, Kompol Sumaryoto melalui Panit Lantas Polsek Patuk Ipda Juara menjelaskan pihaknya saat ini memasang garis polisi di lokasi jalan yang mengalami ambles. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya pengguna jalan terperosok jika longsor semakin melebar. Petugas kepolisian diturunkan mengatur arus lalu lintas guna mengurai kemacetan yang ada. “Kami menjaga untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan,” katanya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here