Presiden Akan Bertemu dengan Utusan PM Jepang

Presiden Akan Bertemu dengan Utusan PM Jepang, (Foto:Ist)

Bogor, PONTAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini akan menerima kunjungan kehormatan Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang Toshihiro Nikai di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/1/18).

Pertemuan ini mengagendakan hubungan bilateral dengan membahas sejumlah kerja sama di berbagai bidang antara Indonesia dengan Jepang. Adapun sejumlah proyek infrastruktur digarap bersama Indonesia dan Jepang di antaranya pembangunan serta pengadaan kereta semicepat Jakarta-Surabaya dan Pelabuhan Patimban.

Toshihiro yang juga menjabat Sekretaris Jenderal Partai Demokratik Liberal (LDP) berada di Indonesia untuk menghadiri peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia dan Jepang.

“Ini tahun yang membanggakan. Saya menyambut baik kedatangan Yang Mulia sebagai wakil Pemerintah Jepang dalam merayakan 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang,” kata Presiden Jokowi, Bogor, Jumat, (19/1/18).

Presiden Jokowi mengatakan, saat bertemu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada KTT Asean di Manila, Filipina, pada November 2017 lalu, telah disepakati bahwa Indonesia dan Jepang akan segera menyelesaikan kerja sama infrastruktur yang telah ditandatangani.

“Saat itu, saya menyampaikan agar kita cepat-cepat menyelesaikan proyek kerja sama yang telah kita sepakati,” kata Presiden Jokowi.

Tahun ini menandai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia. Upacara peringatan akan digelar di Jakarta, pada 20 Januari untuk merayakan persahabatan kedua negara.

Mendampingi Presiden Jokowi pada pertemuan itu, antara lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Utusan Khusus Presiden RI untuk Jepang Rachmat Gobel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here