Senin Pekan Depan, Sabam Sirait Dilantik Jadi Anggota DPD Gantikan AM Fatwa

Jakarta, PONTAS.ID – Politisi senior PDI Perjuangan (PDIP), Sabam Sirait dikabarkan akan dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI pada hari Senin nanti. Dia menggantikan senator Andi Mappetahang Fatwa yang meninggal dunia Kamis, 14/12/2017 lalu.

Undangan untuk upacara pelantikan di gedung DPD RI komplek parlemen Senayan sudah diterima Sabam Sirait. “Iya, oppung akan dilantik hari Senin pekan depan. Undangan sudah diterima dari Sekretariat Jenderal DPD,” kata staf Sabam Sirait, Hara saat dikonfirmasi, Rabu (17/1/2018).

Oppung adalah nama panggilan Sabam Sirait yang sudah pernah menjadi anggota DPR RI dan anggota DPA. Pada pemilihan anggota DPD RI pada pemilu legislatif (Pileg) 2014, ia maju mencalonkan diri dari daerah pemilihan DKI Jakarta.

Sayang ketika itu, Sabam belum beruntung karena tidak cukup suara seperti Fahira Idris, AM Fatwa, Dailani Firdaus dan Abdul Azis Khafia. Menurut ketentuan UU, anggota DPD dipilih dengan perolehan suara terbanyak dan untuk DPD RI setiap provinsi diwakili 4 orang.

Pada pemilu tersebut Sabam yang kini berusia 82 tahun hanya memperoleh 237.273 suara, berada dibawah Abdul Azis yang meraup 368.397 suara. Artinya, Sabam memperoleh suara terbanyak ke 5 yaitu setelah Abdul Azis Khafia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here