Akhirnya Beras Impor Datang Melalui 3 Pelabuhan

Beras Impor, (Foto:Ist)

Cirebon, PONTAS.ID – Pemerintah mengantisipasi atas kenaikan harga beras yangterjadi selama ini. Perum Bulog yang ditugaskan pemerintah untuk impor beras sebanyak 500 ribu ton telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3,6 triliun.

Bulog pun membuka lelang untuk eksportir yang tergabung dalam asosiasi negara produsen beras, yakni Thailand, Vietnam, Myanmar, Pakistan, dan India. Sebanyak 500 ribu ton beras impor jenis umum bakal masuk ke Gudang Perum Bulog hingga akhir Februari mendatang. Beras impor dari lima negara itu masuk secara bertahap lewat pelabuhan nonprodusen seperti Jakarta, Batam, dan Medan.

“Importasi masuk ke pelabuhan nonprodusen seperti Jakarta, Batam, dan Medan,” kata Tri Wahyudi Saleh selaku Direktur Komersial Perum Bulog, Cirebin, Jawa Barat, Rabu, (17/1/18).

Menurut Tri beras impor tersebut nantinya disimpan sebagai cadangan beras pemerintah. Sebab, sebanyak 800 ribu ton stok beras Bulog yang ada saat ini bakal digelontorkan untuk operasi pasar. Operasi pasar menjadi penting dilakukan dalam rangka menekan harga beras yang melonjak di pasar.

Dengan begitu impor beras tak akan mengganggu harga di tingkat petani saat musim panen raya Februari nanti.

“Untuk kuatkan cadangan beras pemerintah dan kita tempatkan di daerah nonprodusen. Tidak ganggu serapan,” imbuhnya.

Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti menambahkan bahwa, menilai butuh waktu panjang untuk mengimpor ratusan ribu ton beras meski sejumlah administrasi telah dipangkas. Misalnya tergantung jenis kapal yang digunakan negara pengeskpor. Bila satu kapal berkapasitas 10 ribu ton maka setidaknya 50 kapal dibutuhkan untuk mengangkut 500 ribu ton beras ke Indonesia.

“Bayangkan 50 kapal akan antre masuk ke pelabuhan, itu cukup lama,” tambahnya.

Untuk tahap pertama, 100 ribu ton beras impor diperkirakan bakal masuk ke Gudang Bulog. Namun pihaknya tak memiliki opsi lain bila impor tersebut tak mencapai target yang ditetapkan pemerintah. “Kita enggak punya opsi lain, kami akan laporkan berapa yang dicapai,” tutupnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here