Palembang Akan Promosi Tempat Wisata di Asian Games 2018

Jembatan Ampera Palembang, (Foto:Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Asian Games 2018 akan menjadi momen besar yang akan berlangsung tahun ini. Sebagai salah satu tuan rumah Asian Games 2018, Palembang terus memperbaiki diri dan kian bersolek. Kurang lebih 11 destinasi wisata siap dikebut guna menyambut Asian Games XVIII yang diselenggarakan pada 18 Agustus 2018 mendatang.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga, semua tempat mulai direnovasi, ada 11 destinasi yang disiapkan untuk Palembang menjadi tuan rumah Asian Games bersama Jakarta. Ini kesempatan emas bagi Palembang memperkenalkan Sumsel pada dunia dengan dibantu oleh Kemenpar untuk paket promosinya.

Nah, 11 destinasi yang dimaksud tadi adalah Benteng Kuto Besak (BKB), Kampung Arab Al-Munawar, Pulau kemaro, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Bait Alquran (Alquran raksasa Gandus), Masjid Agung SMB, Kampung Kapitan, Situs Purbakala Bukit Siguntang, Klenteng 10 Ulu dan Museum Balaputra Dewa.

Dilansir dari Laman Liputan6.com, Selain ada 11 destinasi tadi, tempat wisata baru di Palembang juga terus bermunculan untuk sambut Asian Games 2018. Apa saja?

Tugu Belido, Tugu Belido jadi landmark baru kota Palembang, Sulawesi Selatan. Tugu Belido ini berbentuk ikan belida yang biasa disebut masyarakat setempat sebagai ikan Belido, ikan tawar asli Sungai Musi, sungai yang membelah Palembang. Sayangnya, ikan Belida yang digunakan untuk memuat pempek kualitas super ini sudah hampir punah. Jadi untuk mengabadikan ikan belida, maka dibangunlah Tugu Belido. Tugu Belido ini berada di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

Kampung WarnaMusi Bercorak”, Kampung berwarna-warnai memang sedang tren. Tak hanya ada di Malang, yakni Kampung Jodipan. Sejumlah kota juga seperti Palembang juga membuat kampung dengan cat berwarna-warni yang dinamai Kampung Warna “Musi Bercorak.” Kampung Warna Musi Bercorak ini bisa dibilang jadi tempat wisata baru di Palembang, karena baru diresmikan pertengahan tahun kemarin, tepatnya 25 Mei 2017.

Program Musi Bercorak dinilai mampu mengatasi wilayah kumuh yang ada di sepanjang aliran Sungai Musi, jelang pelaksanaan Asian Games 2018. Kamu bisa melihat kemolekan Kampung Warna “Musi Bercorak” mulai dari bawah jembatan Ampera hingga 7 Ulu yang berjarak sekitar dua kilometer. Jadi saat kamu mau berswafoto, background Sungai Musi yang indah bisa terlihat.

Pedestrian Sudirman, Tempat yang dahulunya hanya trotoar biasa sepanjang 500 meter, kini disulap menjadi spot bersantai ria dengan beragam hiburan menarik di dalamnya. Pedestrian yang baru diresmikan pertengahan tahun kemarin ini bisa dibilang tidak kalah keren dengan Malioboro yang ada di Kota Pelajar.

Saat berada di sini kamu bisa menyaksikan berbagai hiburan atau bisa juga mengunjungi tempat wisata keren yang ada di sana atau mencicipi berbagai kuliner enak di Jalan Jenderal Sudirman, Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), Benteng Kuto Besak (BKB) hingga Jembatan Ampera ini.

Pasar 16 Ilir, Pasar 16 Ilir ini memang sudah lama ada di Palembang, tapi baru-baru ini Pasar 16 Ilir punya wajah baru yang kekinian. Ruko yang awalnya terkesan jadul dan semrawut sudah tak tampak lagi. Setiap ruko dari bagian bawah sampai atas telah diwarnai dengan cat berwarna terang, sehingga bagi siapa saja yang melihat bakal dibuat berdecak kagum karena keindahannya.

Previous articleKPK Akan Periksa Ajudan Setnov
Next articleWow! Inul Pamer Pesawat Jet Pribadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here