Komunitas Samin Akan Gelar Festival

Komunitas Samin, (Foto: Ist)

Bojonegoro, PONTAS.ID – Komunitas Samin di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, akan menggelar festival seni dan budaya khas pada 22 Desember.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro Suyanto di Bojonegoro, Selasa, menjelaskan Festival Samin yang diprakarsai oleh warga itu akan diawali dengan sarasehan di Balai Budaya Samin pada 21 Desember malam. Sarasehan itu, menurut dia, akan membahas prinsip hidup dan perjuangan Ki Samin Surosentiko dalam melawan penjajahan kolonial Belanda.

“Warga dan pihak luar harus tahu bahwa samin bukan mengandung konotasi ‘nyamin’ atau acuh tak acuh. Kegiatan juga akan diisi kesenian reog jaran kepang juga karawitan Samin Laras yang semuanya dilakukan warga di komunitas Samin,” kata Sunyanto selaku Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Jakarta, Selasa, (19/12/17).

Selain itu, dia menjelaskan, akan ada pentas drama Samino-Samini, tari Thengul serta pagelaran Wayang Thengul.

“Ada kegiatan arak-arakan warga dengan tema Wayah Samin yang akan dipimpin Bambang putra Hardjo Kardi trah Samin Surosentiko,” ia menambahkan.

Ia mengatakan Festival Samin akan diagendakan setahun sekali untuk menambah agenda pariwisata berbasis budaya di Bojonegoro dalam usaha menarik wisatawan dari dalam mau pun luar daerah. (ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here