Gunung Agung Meletus, Wisatawan Diminta Tak Nekat Mendaki

Gunung Agung Bali Meletus
Gunung Agung Bali Meletus

Denpasar, PONTAS.ID – Gunung Agung akhirnya meletus pada Selasa (21/11/2017) pukul 17.05 Wita setelah mengalami krisis selama kurang lebih dua bulan. Gunung tersebut mengeluarkan asap dan abu vulkanik setinggi 600 meter.

Dengan kondisi tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG) mengimbau wisatawan dan warga tidak beraktivitas di radius bahaya. Apalagi sampai mendaki ke puncak gunung.

Zona bahaya meliputi seluruh area di dalam radius 6 km dari puncak dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan- Baratdaya sejauh 7,5 kilometer.

“Masyarakat di sekitar gunung, pendaki, dan wisatawan tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya,” kepala PVMBG Kasbani melalui siaran pers pada Selasa (21/11/2017).

Menurutnya, perkiraan zona bahaya dapat diubah sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan Gunung Agung paling aktual atau terbaru. Selain itu, PVMBG mengimbau agar warga dan wisatawan tidak terpengaruh informasi menyesatkan (hoax).

“Seluruh pihak agar menjaga kondusivitas suasana di Pulau Bali, tidak menyebarkan berita bohong (hoax) dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Agung yang tidak jelas sumbernya,” kata Kasbani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here