Jaga Kamtibmas di Bulan Ramadhan, Satpol PP Kecamatan Johar Baru Telusuri 4 Titik

Jakarta, PONTAS.ID – Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat melakukan kolaborasi bersama tiga pilar dalam menjaga Kamtibmas di Bulan Suci Ramadan.

Menurut penuturan Kasatpol PP Kecamatan Johar Baru, Rahman, dalam pelaksanaan juga diikuti apel cipta kondisi (Cipkon) setiap malam. “Itu kita apelnya di Polsek Johar Baru,” kata Rahman Kasatpol PP Kecamatan Johar Baru kepada wartawan Pontas.id di ruangannya, Rabu (27/3/2024).

“Setelah kegiatan apel itu selesai mereka keliling di empat titik, Karna, disini ada empat Kelurahan. Jadi, kita keliling di empat titik,” sambungnya.

Senada, Rahman menerangkan, untuk empat titik Kelurahan tersebut yaitu Kelurahan Johar Baru, Galur, Kampung Rawa dan Tanah Tinggi itu yang kita lakukan tiap malam patroli.

“Kegiatan patroli ini dari jam 6 malam sampai jam 6 pagi selama 24 jam kita ada dan untuk personil yang diterjunkan 15 orang dengan cara bergantian sistim piket,” paparnya.

Dalam tugas tersebut, Rahman menceritakan bahwa tim Satpol PP Kecamatan Johar Baru menemukan satu kejadian pada saat patroli yakni ada aksi tawuran di jalan Suprapto dimana jalan itu berbatasan dengan Kemayoran. Daerah itu juga merupakan perbatasan dari empat titik patroli.

“Kita itu ga nyangka kalau mau terjadi tawuran disana, kalau ga salah sih malam senin kemaren dijalan protokol,” ucap Rahman.

Dari aksi tawuran tersebut, Rahman membawa 2 orang ke Polsek untuk dimintai keterangan.
“Mereka kita bina malam itu juga kita lepas. Tetapi, wajib lapor agar supaya tidak terjadi tawuran kembali. Apalagi di Bulan Suci Ramadan ini kita harus jaga supaya wilayah kita ini kondusif, aman dan terkendali,” katanya.

Rahman juga menghimbau kepada masyarakat terutama para orang tua agar menjaga anak-anaknya dengan baik di Bulan Suci Ramadan ini.

“Bukan aparat saja yang harus turun. Tetapi, kalau bisa ini seluruh elemen masyarakat termasuk RT, RW, untuk menjaga wilayahnya masing-masing,” pesan Rahman.

Tak hanya menjaga Kamtibmas, Rahman Kasatpol PP Johar Baru juga membuat gerakan humanis kepada masyarakat yaitu membagikan takjil dan membersihkan masjid, “Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak menilai Satpol PP itu garang dan galak,” tutupnya.

Penulis : Fajar Adi Saputra

Editor : Fajar Virgyawan Cahya

Previous articleSengketa Caleg PDIP Dapil VI Jatim Berujung Damai
Next articlePeringati HUT ke-118 Tahun, IMI Berikan Santunan Anak Yatim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here