Dorong Pemanfaatan Produk Lokal untuk Wujudkan Perekonomian Nasional Tangguh

Lestari Moerdijat
Lestari Moerdijat

Jakarta, PONTAS.ID – Momentum untuk meningkatkan pemanfaatan produk-produk lokal harus konsisten dilakukan sebagai upaya membangkitkan sektor UMKM, dalam rangka mewujudkan perekonomian nasional yang tangguh.

“Di tengah ketidakpastian perekonomian dunia, pemanfaatan produk-produk lokal hasil sektor UMKM, harus terus ditingkatkan sebagai salah satu upaya memperkuat perekonomian nasional,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/1/2023).

Catatan Bank Indonesia (BI) menyebutkan saat ini Indonesia memiliki pangsa pasar domestik yang kuat. Tercermin dari sektor konsumsi yang mencapai 55% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Menurut Lestari, peningkatan pemanfaatan produk dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal bisa diakselerasi lewat pemanfaatan infrastruktur digital.

Berdasarkan laporan dari lembaga survei digital We Are Social and Hootsuite pada Oktober 2022 tercatat 55,2% pengguna internet mengunjungi dan bertransaksi di situs belanja online. Saat ini ada 77% total masyarakat Indonesia aktif menggunakan layanan internet.

Catatan hasil survei itu, ujar Rerie sapaan akrab Lestari, dapat menjadi landasan strategi untuk pemanfaatan infrastruktur digital dalam memperkenalkan dan memasarkan produk lokal.

Pengenalan produk-produk lokal melalui jaringan internet, ujar Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, merupakan langkah penting agar masyarakat lebih memahami dan mencintai produk negeri sendiri.

Di sisi lain, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, komitmen para pemangku kepentingan di pusat dan daerah dalam percepatan peningkatan pemanfaatan produk lokal harus benar-benar diwujudkan.

Karena, tambah Rerie, sejumlah peraturan telah diterbitkan Pemerintah dalam rangka mendorong pemanfaatan produk lokal dan UMKM, tetapi kepatuhan sejumlah daerah, kementerian dan lembaga belum maksimal dalam menjalankannya.

Kepatuhan para pemangku kepentingan dalam menjalankan kebijakan dan peningkatan kecintaan masyarakat dalam menggunakan produk lokal, tambah Rerie, dapat menjadi faktor pendorong yang kuat dalam mengakselerasi pemanfaatan produk lokal.

Rerie mendorong agar kepedulian setiap anak bangsa dalam upaya meningkatkan pemanfaatan berbagai barang dan jasa karya anak bangsa dapat menjadi satu gerakan, yang pada akhirnya mampu memperkuat perekonomian nasional di tengah ketidakpastian global.

Penulis: Herdi

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleGenerasi Muda Harus Punya Komitmen dan Konsistensi untuk Meraih Mimpi
Next articleRapat dengan Menko Polhukam, MPR Dorong Realisasi Pendidikan dan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat Papua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here