Pemprov Riau Buka Pagelaran Seni Budaya Melayu Berdendang di TMII

Jakarta, PONTAS.ID — Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Badan Penghuhung Provinsi Riau, Ridho Adriansyah membuka pagelaran seni budaya Melayu Berdendang yang digelar di Selasar Jatuh Tunggal, Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (3/12/2022) malam.

Mengusung tema “Senandung Negeri Bermarwah” penampilan sanggar dan iringan musik Serindit Musik yang merupakan binaan Anjungan Riau TMII itu sukses memukau para tamu undangan yang hadir dari berbagai daerah.

“Ini bukti nyata dukungan Pemprov Riau untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan ke masyarakat luas terhadap Riau,” kata Ridho Adriansyah dalam sambutannya.

Ridho menuturkan, sebagai pusat peradaban Melayu, Riau tidak mau hanya dikenal dengan kekayaan alam saja. Tetapi masyarakat luas juga harus tahu bahwa negeri dengan julukan Lancang Kuning itu juga kaya dengan keindahan alam, keragaman seni dan budayanya.

“Karena Riau tidak cuma dikenal dengan kekayaan alamnya saja. Tapi pariwisata, budaya dan sejarahnya sangat menarik untuk dikenali. Karena tanah peradaban melayu berada disana, negeri Lancang Kuning,” jelasnya.

Sebagai ‘duta’ Riau di ibukota negara, dia terus berupaya untuk menjalin komunikasi dan berkolaborasi dengan seluruh pihak untuk memperkenalkan potensi Riau dimata dunia. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan yang mengedepankan identitas Riau.

“Kami bersama menujukan identitas kita di ibukota negara. Inilah identitas-identitas yang kami tunjukkan ke masyakat luas untuk menunjukkan bagaimana Riau dan kekayaan seni dan budayanya,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Ridho mengajak seluruh pihak khususnya 12 kabupaten kota di Riau untuk berkolaborasi dan ambil peran di Anjungan Riau TMII untuk mempromosikan potensi daerah masih-masing. Sehingga meningkatkan daya tarik orang untuk berinvestasi di Riau.

“Untuk itu kami meminta untuk seluruh kabupaten kota di Riau untuk ikut berkolaborasi dengan kami memajukan pariwisata adat dan budaya ditingkatkan nasional,” ajaknya.

Dalam pegelaran tersebut, dihadiri oleh perwakilan dari berbagai provinsi, perwakilan kementerian, perwakilan duta besar Amerika Serikat.

Dihadapan mereka, Ridho meyakinkan bahwa peluang investasi di Riau yang sangat bagus. Salah satunya sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berkembang sangat pesat dan memiliki standar yang baik.

“UMKM tumbuh sangat pesat dengan produk UMKM Riau yang sudah berstandar nasional bahkan internasional dan bisa masuk pasar mancanegara,” pungkasnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleResmikan Jalan dan Jembatan di Dolok Merawan, Begini Pesan Bupati Sergai
Next articleWabup Taufik Minta Kader dan Simpatisan Al Wasliyah Berkontribusi Membangun Asahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here