Peran Generasi Milenial Sangat Penting untuk Kemajuan Bangsa

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid menilai perlu ada transformasi sistem politik di Indonesia agar generasi muda mau masuk dalam dunia politik.

Dia meyakini kalau semakin banyak anak muda masuk dalam dunia politik, maka akan membuat bangsa Indonesia maju.

“Apakah sistem politik ita memungkinkan generasi milenial masuk? Saya agak pesimis karena biaya politik di Indonesia tinggi, lalu bagaimana milenial ikut sistem tersebut,” kata Jazilul dalam diskusi bertajuk “Pemilih Pemula dan Potensi Kaum Muda sebagai Bonus Demografi untuk Kemajuan Bangsa”, Rabu (9/11/2022).

Dia menilai peran generasi muda khususnya milenial sangat penting untuk kemajuan bangsa Indonesia ke depan. Menurut dia, perkembangan apapun, titik tolaknya berasal dari politik yang menentukan arah bangsa.

“Jalur politik dianggap milenial merupakan ‘jalan mewah’, sehingga parpol harus cari jalur agar anak muda masuk dunia politik,” ujarnya.

Jazilul juga menyoroti terkait dibatasinya sosialisasi dan pendidikan politik di lembaga pendidikan dan tempat ibadah. Menurut dia, lembaga pendidikan seperti kampus merupakan tempat berkumpulnya generasi milenial sehingga efektif dalam memberikan sosialisasi politik.

“Kenapa generasi muda dijauhkan dari politik, karena disebut kampus harus steril dari politik. Itu akan menjadikan politik sebagai ‘barang’ mewah, milenial tidak boleh diajari politik maka akan membuat perkembangan Indonesia lambat,” katanya.

Karena itu dia menyarankan adanya revisi terhadap Undang-Undang nomor 2 tahun 2008 tentang Partai Politik (parpol) untuk kepentingan generasi milenial agar mau masuk dalam dunia politik.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleTAP MPRS Terkait Larangan PKI Masih Berlaku
Next articleBongkar Jual Beli BBM Ilegal, Bareskrim Geledah 3 Lokasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here