Momentum HUT Kota Padang Sidempuan, Pemkot Sosialisasikan Kesiapan BPBD

Padang Sidempuan, PONTAS.ID – Pemerintah Kota Padang Sidempuan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yang turut serta menyemarakkan Sidempuan Expo 2022  (17 Oktober s/d 22 Oktober 2022) di alamat Bolak Padang Nadimpu, Kota Padang Sidempuan.
Saat ditemui di Stand BPBD Sidempuan Expo 2022 pada hari Sabtu (22/10/2022)
kepada awak Media Pontas.id, Kepala Pelaksana (Kalak) Dedi Iriansyah  menerangkan hal utama selain menyemarakkan HUT Kota Padang Sidempuan ke 21 sekaligus mengingatkan kembali kepada masyarakat kota Padang Sidempuan bahwa di kota ini ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang siap sedia jika terjadi bencana di kota ini.
“Selain menyemarakkan HUT ke 21 Kota Padang Sidempuan juga memberitahukan kembali tentang keberadaan BPBD di kota ini, dan Expo ini sekaligus memberikan sosialisasi juga keterangan kepada masyarakat terkhusus yang mampir dan membutuhkan penjelasan di stand BPBD ini,” Jelas Kalak Dedi Iriansyah.
Kepala Pelaksana Dedi Iriansyah juga menambahkan untuk Tema kali ini “Saling Menguatkan untuk Padangsidimpuan Bersinar* dan perihal Bahaya Gempa Bumi dan Bahaya Banjir serta memperlihatkan Peralatan Kesiap Siagaan antisipasi jika terjadi bencana alam di Kota Padang Sidempuan. Disamping itu “Kemampuan dan Kapasitas Kesiapan Tim Reaksi Cepat ( Personil BPBD)”.
“Selain memperlihatkan alat-alat kesiap siagaan jika terjadi bencana alam, kami juga siap memberikan keterangan kepada masyarakat tentang Bahaya Gempa Bumi dan Bencana Banjir untuk Gempa Bumi kita semua harus mengetahui apa penyebab gempa bumi tersebut. Kemudian dampak atau bahaya gempa bumi itu lalu kesiapan sebelum terjadi, dan apa yang harus dilakukan ketika terjadi gempa bumi,” tambah Dedi Iriansyah.
Begitu juga untuk bencana Banjir, lanjutnya masyarakat harus mengetahui dan kenali penyebab banjir serta apa yang dilakukan saat banjir juga dampak banjir tersebut serta yang dilakukan setelah banjir.
Terpisah, Kepala Bidang (Kabid)  Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bardansyah Siregar menyampaikan agar masyarakat yang butuh informasi bisa langsung menghubungi BPBD, dan Kabid juga menginformasikan bahwa BPBD Kota Padang Sidempuan memiliki Satuan Tugas Team Reaksi Cepat (SATGAS TRC )
“Nah untuk Masyarakat Kota Padang Sidempuan yang ingin mengetahui semua kejelasannya silahkan mampir dan berkunjung ke stand BPBD Kota Padang Sidempuan di Alamat Bolak, dan untuk masyarakat yang ingin lebih lanjut mengetahui informasi dan juga yang ingin kordinasi seputar Bencana Gempa Bumi dan Bencana Banjir bisa menghubungi kami. Selain itu kami sudah membentuk Satuan Tugas Team Reaksi Cepat ( Satgas TRC ) yang mana Team TRC ini siap melaksanakan tugas baik Sosialisasi kepada masyarakat dan ataupun terjun langsung ke lokasi apabila terjadi bencana alam di wilayah Pemerintah Kota Padang Sidempuan ini ” ucap Bardansyah Siregar.
Penulis : M Suryadi
Editor : Fajar Virgyawan Cahya
Previous articleFadel Muhammad Harap Forum MPR Dunia Bangkitkan Spirit KAA
Next articleTim Wasef Irjenad Apresiasi Semangat Kerjasama Pemkab Asahan dan Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here