Sarwo Edhi Inspirasi Bagi Bangsa Indonesia

Syarief Hasan Mendampingi SBY Berziarah ke Makam Jenderal TNI (Purn) Sarwo Edhi di Purwerejo
Syarief Hasan Mendampingi SBY Berziarah ke Makam Jenderal TNI (Purn) Sarwo Edhi di Purwerejo

Purworejo, PONTAS.ID – Wakil Ketua MPR, Sjarifuddin Hasan mengatakan, Jenderal TNI (HOR) (Purn) Sarwo Edhie Wibowo, adalah sosok panutan bagi bangsa Indonesia, terlebih anggota Tentara Nasional Indonesia.

Jenderal TNI Sarwo Edhie Wibowo, merupakan seorang prajurit yang senantiasa bersungguh-sungguh dalam membela serta mempertahankan bangsa dan tanah air Indonesia. Sikap terpuji Jenderal TNI Sarwo Edhie, ini banyak mendapat apresiasi dan penghargaan dari kolega bahkan para seniornya di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Salah satu bukti, kesungguhan Sarwo Edhi membela kepentingan bangsa dan negara Republik Indonesia, bisa dilihat dari keberhasilannya menumpas Gerakan 30 September PKI tahun 1965. Saat itu, Sarwo Edhi memimpin penumpasan serangan G30S/PKI dengan sepenuh hati. Tidak pilih kasih, sehingga dalam tempo yang relatif singkat, tugas tersebut bisa diselesaikan.

“Keberhasilannya menumpas sisa Gerakan 30 September, menjadi prestasi yang mensejarah bagi bangsa Indonesia, khususnya TNI. Keberhasilan tersebut bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, termasuk generasi muda,” kata Syarief Hasan, Rabu (29/6/2022).

Pernyataan itu disampaikan Syarief Hasan usai mendampingi Presiden ke enam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berziarah di makam Jenderal TNI Sarwo Edhie Wibowo, di pemakaman keluarga Kampung Ngupasan, Kelurahan Pangenjurutengah, Purworejo, Selasa (28/6/2022). Ikut hadir pada acara tersebut Bupati Purworejo RH Agus Bastian dan jajarannya.

Selain bersungguh-sungguh membela kepentingan bangsa dan negara, Sarwo Edhi kata Syarief Hasan, adalah pribadi yang rendah hati. Pemilihan tempat peristirahatannya yang terakhir di pemakaman keluarga Kampung Ngupasan, Kelurahan Pangenjurutengah, Purworejo, dibanding di Taman Pahlawan adalah Buktinya.

“Selain karena beliau ingin kembali ke kampung halamannya, juga karena kepribadiannya yang sederhana dan rendah hati, membuat beliau memilih dikebumikan di pemakaman keluarga ini. Dan itu membuat kita semua semakin bisa menghargai jasa para pahlawan, termasuk Jenderal Sarwo Edhi,” kata Syarief Hasan lagi.

Prosesi ziarah Presiden SBY ke makam Sarwo Edhi berlangsung khidmat. SBY beserta keluarga datang menggunakan bus, disambut Bupati Purworejo Agus Bastian beserta jajaran.

Setelah beramah tamah dengan forkopinda setempat, SBY dan keluarga segera memanjatkan doa di depan pusara Jendral Sarwo Edhi yang dimakamkan berdampingan dengan istrinya Sunarti Sri Hadiyah binti Danu Sutarto.

Sekitar tiga puluh menit kemudian, SBY tampak berdiri, bertanda selesai mendoakan mertuanya itu. Sejenak kemudian, presiden ke enam itu menabur bunga di atas pusara orangtua mendiang Ani Yudhoyono. Setelah itu SBY beserta rombongan meninggalkan tempat pemakaman, setelah berfoto bersama dengan keluarga terdekatnya.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

 

Previous articleSoal Penisataan Agama Holowings, MPR: Saatnya Diundangkan RUU Perlindungan Agama dan Simbol Agama
Next articleUsaha Rintisan Berguguran, John Riady: Justru Ini Musim Semi untuk Startup Berkinerja Baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here