Pemerintah Siapkan 5G Experience dalam MotoGP Mandalika 2022 

Menparekraf, Sandiaga Uno, berlari di kawasan Pantai Kuta Mandalika Lombok, Sabtu (16/1/2021).

Jakarta, PONTAS.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Pemerintah menyiapkan 4G sebagai tulang punggung dan 5G experience selama MotoGP berlangsung.

Hal itu menurutnya sebagai bagian dari dukungan sektor infrastruktur telekomunikasi untuk menyukseskan perhelatan olahraga MotoGP Mandalika 2022.

Bahkan, Kementerian Kominfo juga menambah bandwith serta menyiapkan show case 5G.

“Pasti saat ini 4G akan menjadi tulang punggung komunikasi, tetapi kita juga menyiapkan untuk 5G experience. Disamping Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo pun sudah siap untuk 5G experience,” katanya, Jumat (21/01/2022).

Menurut Menkominfo cakupan layanan baik 4G maupun 5G akan disediakan di beberapa lokasi strategis seperti berkumpulnya insan media, akomodasi, security, international airport dan venue sirkuit MotoGP Mandalika.

“Di kawasan Mandalika kami siapkan dan kami akan jaga dengan baik. Juga disiapkan untuk Telkom milimeter wave untuk show case demo 5G spektrum tinggi 26 dan 28 GHz. Itupun kita siapkan untuk mereka menyiapkan 5G experience,” ujarnya. 

Sedangkan untuk penyelenggara telekomunikasi XL Axiata juga akan show case 5G dengan teknologi fixed wireles access dan immersive extended reality berupa virtual racing.

“Ada banyak nanti 5G yang ditempatkan di Mandalika untuk experience-nya memanfaatkan virtual reallity itu bisa nanti disaksikan. Pada intinya kerjasama antara Kominfo dengan operator seluler maupun dengan operator fiber optic kita koordinasikan terus menerus,” jelas Johnny. 

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleRp113 T Dana Daerah Mengendap, DPR Minta Kinerja Pemda Dievaluasi
Next articleBertemu Hadi Tjahjanto, Ketum IMI Bahas Persiapan Acara MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here