Desa Bagan Kuala Berpotensi Jadi Kampung Bahari Nusantara

Sergai, PONTAS.ID – Komandan Pangkalan Utama Angka tan Laut (Danlantamal) I Belawan, Laksamana Pertama Achmad Wibisono didampingi Pejabat Utama Lantamal I Belawan melakukan kunjungan ke Pos Pengaman TNI AL (Pos Mat) Tanjung Beringin di komplek Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Tebingtinggi kecamatan Tanjung Beringin, Senin (17/1/2022).

Kehadiran Jenderal Bintang satu dijajaran TNI/AL ini disambut oleh Camat Tanjung Beringin, Elmiyati, Kapolsek Tanjung Beringin AKP T. Sihombing, Wadan Ramil 11/TB Kapten Inf Sembiring, perwakilan Dinas Perhubungan Laut,Kasat Pol Air Polres Sergai, Iptu Syahrizal dan Koman dan Pos Pengamatan TNI – AL Tanjung Beringin, Sersan Mayor AL, Edy Rohmadi.

Dalam kunjungan itu, Laksamana Pertama Achmad Wibisono menjelaskan kepada Camat dan jajaran Muspika bahwa sesuai program TNI-AL yakni membangun Kampung Bahari Nusantara diseluruh wilayah pesisir Indonesia.

“Untuk itu kami dari Lantamal I Belawan, tahun ini akan mencari lokasi yang sesuai untuk dijadikan Kampung Bahari Nusantara itu. Dan salah satunya hasil evaluasi kami, Desa Bagan Kuala di kecamatan Tanjung Beringin, maka personel Lantamal I Belawan, di bawah pimpinan Kolonel (Mar) Maslan selaku Asisten OPS Mar akan melakukan survey sekaligus pengecekan, apakah 5 klaster untuk Kampung Bahari Nusantara itu sesuai dengan desa Bagan Kuala,” papar Jenderal Bintang satu ini.

Tentunya, lanjut Laksamana Pertama Wibisono akan bekerjasama dengan dan Pos TNI-AL, DanRamil, Camat, Kapolsek serta stakeholder lainnya agar kriteria itu ada di sini.

Danlantamal I Belawan juga meminta masukan dari Camat Tanjung Beringin, selaku kepala pemerintahan di kecamatan, DanRamil dan Kapolsek selaku pemelihara Kamtibmas.

Dalam kesempatan itu jajaran Muspika Tanjung Beringin, baik Camat Elmiyati, Kapolsek AKP T. Sihombing dan Wadan Ramil 11/TB Kapten Inf W. Sembiring satu persatu menjelaskan situasi dan kondisi wilayah kecamatan Tanjung Beringin.

Camat Elmiyati menjelaskan saat ini kondisi jalan mulai dari ibukota Sergai hingga ke desa Bagan Kuala sudah mulus dan dapat dilalui mobil sedan.

“Ada sedikit yang masih rusak, hal ini diakibatkan oleh dampak banjir dari Sungai Bedagai selama dua bulan yang lalu itu,” ungkapnya

Menurutnya, kerusakan diakibatkan oleh banjir Rob, maka dampak banjir rob hanya sebagian kecil saja yang terkena imbasnya. Masalah dermaga, baik di desa Bagan Kuala untuk kapal besar, saat ini belum terpenuhi tetapi keinginan Pemkab Sergai dalam hal ini sudah dalam proses di tingkat Provinsi dan pemerintah pusat.

“Untuk kendaraan atau kapal guna melakukan wisata laut di pulau Berhala, sampai saat ini hanya mengandalkan sewa pakai kapal milik nelayan dan pihak pemerintah kabupaten belum mempunyai kapal wisata sendiri,” jelas Camat Tanjung Beringin.

Kapolsek Tanjung Beringin, AKP T. Sihombing dan Wadan Ramil 11/TB menjelaskan situasi dan kondisi wilayah.

“Jarak desa Bagan Kuala dari bibir pantai ke Pulau Berhala,ada sekitar 22 Mil. Kalau naik sampan nelayan, bisa memakan waktu 3 – 4 perjalanan tapi kalau naik kapal Patroli milik Sat Pol Air Polres Sergai hanya 2 – 2,5 jam saja. Relatif, kondisi keamanan laut di wilayah perairan Sergai cukup aman,” jelasnya

Saat diwawancarai awak media ini, Danlantamal I Belawan menjelaskan bahwa pulau Berhala adalah salah satu Pulau Terluar di Indonesia, dan TNI – AL sudah menerapkan Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas PAM Pulau Terluar), terdiri dari TNI – AL, Marinir dan TNI – AD. Di Pulau Berhala ada sekitar 30 personel. Disamping itu ada KPLP dan Dinas Perhubungan Laut melalui Navigasi.

“Kalau kapal Patroli sudah disediakan, bukan cuma untuk pulau Berhala saja, tetapi seluruh kawasan perairan Selat Malaka dengan jalur operasi yang non stop, apalagi kita berbatasan dengan negarai Jiran Malaysia,” pungkas Jenderal Bintang satu TNI – AL ini.

Turut mendampingi Danlantamal I Belawan,Dansatrol Lantamal I Belawan, Kolonel (P) Dimmi Qumriy, Asoptmar, Kolonel (Mar) Maslan, Kolonel (L), Gemma Eka Putra dan PJU Lantamal I Belawan lainnya.

 

Penulis: Andy Ebiet

Editor: Rahmat Mauliady

Previous articleRapat Paripurna, Rahma Sampaikan Ranperda Skala Prioritas Tahap 1
Next articleKorpri Sergai 2022 – 2027 Dikukuhkan, Ini Daftar Namanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here