Jaga Pencemaran Lingkungan, TP PKK Joglo Jalankan Program Sedekah Mijel

Jakarta, PONTAS.ID – Kelompok Kerja 3 Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, setiap perminggu memperoleh minyak jelantah sebanyak 47, 5 kilogram dari warga yang dikumpulkan.

Ketua Pokja 3 TP PPK Kelurahan Joglo, Haryati mengatakan, pihaknya sudah menjalankan program sedekah minyak jelantah sejak enam bulan lalu, dalam rangka membantu mengurangi pencemaran lingkungan.

“Program ini berkolaborasi bersama CSR Rumah Sosial Kutub, mengurangi minyak jelantah dari rumah warga dan pedagang yang dibuang ke saluran,” kata Haryati, Selasa (23/11/2021).

Haryati menambahkan setiap Jumat anggota TP PKK mengumpulkan minyak goreng bekas memasak dari 43 warga yang kemudian disetorkan ke Rumah Sosial Kutub.

“Per liter minyak jelantah kami bayar Rp 3.300. Jadi, selain membantu mengurangi pencemaran lingkungan juga dapat menambah penghasilan warga,” ujarnya.

Sementara itu, kata Lurah Joglo, Matrullah minyak jelantah yang dikumpulkan dari warga ini akan diolah kembali menjadi bio gas serta bahan dasar pembuatan sabun dan lain-lain.

“Ini merupakan inovasi yang harus terus dikembangkan dalam upaya mengendalikan pencemaran jelantah, Saya memberikan apresiasi untuk kegiatan ini,” tutupnya.

Penulis: Deddy Muttaqin
Editor: Ahmad Rahmansyah

Previous articleDorong SDM Humas, Kapolda Sumut Gelar Smart Sharing
Next articlePKL Pasuruan Mulai Menempati Wisata Pintu Laut Kalitara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here