MPR Minta Evaluasi dan Tekan Tren Kenaikan Kasus Covid-19 di 9 Provinsi

Bambang Soesatyo
Bambang Soesatyo

– Sembilan provinsi di Indonesia mengalami tren kenaikan kasus Covid-19 pada sepekan terakhir sejak 31 Oktober 2021, sembilan provinsi tersebut yaitu Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Papua.

Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah daerah di sembilan provinsi tersebut bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengevaluasi dan menekan kenaikan kasus covid-19 di masing-masing provinsi tersebut, agar diketahui indikator-indikator yang menyebabkan terjadinya tren kenaikan kasus Covid itu.

“Pemerintah agar menggencarkan upaya 3T, yaitu testing, tracing, dan memperkuat treatment. Pimpinnan MPR juga meminta pemerintah mampu mengendalikan dan tidak lengah dalam mengantisipasi terjadinya kembali penyebaran virus korona di tengah penurunan kasus Covid-19 secara nasional,” kata Bamsoet di Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Kepala Badan Bela Negara FKPPI dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini meminta pemerintah daerah sembilan provinsi tersebut tetap memantau pergerakan tren kenaikan kasus Covid-19 agar dilakukan langkah mitigasi untuk mengatasi potensi kenaikan kasus Covid-19 jelang dan selama hari libur untuk memperingati hari raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, dikarenakan tidak semua orang dapat dikenakan ketetapan pemerintah tentang pembatasan cuti natal dan tahun baru.

“Meminta pemerintah melalui Kemenkes bersama pemerintah daerah untuk mengefektifkan program vaksinasi covid-19 agar capaian vaksin makin luas, dikarenakan dengan diberikan vaksin dapat meminimalisir risiko buruk apabila terpapar virus corona dan menekan angka kematian akibat Covid-19,” pungkas Bamsoet yang juga meminta pemerintah pusat bersinergi dengan seluruh pemerintah daerah untuk terus bekerja guna memperbaiki kondisi pandemi covid-19 agar kasus penyebaran Covid-19 secara konstan terkendali.

Penulis: Luki Herdian

Editor: Pahala Simanjuntak

Previous articleSPB Desak Menristekdikti Cabut Permen Pencegahan KS di Lingkungan Perguruan Tinggi
Next articleBamsoet Minta Terapkan Protokol Kesehatan untuk Cegah Klaster Covid-19 di Peparnas XVI Papua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here